Industri Tumpuan Utama Bisnis Properti Kawasan Cibitung (2)

Big Banner

Pengembang lainnya yang akan membangun superblok di kawasan Cibitung adalah PT Metropolitan Land Tbk. (Metland).
Di dalam kawasan Metland Cibitung, PT Metropolitan Land Tbk. akan membangun superblok Metland Millenia City (MMC) di atas lahan seluas 20 Ha. Di dalamnya terdapat 10 menara apartemen, pusat belanja Metropolitan Mall Cibitung, hotel bintang tiga, dan sejumlah ruko.

Komisaris Metland Nanda Widya menuturkan, MMC lebih mengakomodasi kebutuhan komunitas generasi Y yang semakin signifikan pertumbuhannya. “Produk ini didedikasikan untuk mereka yang berusia di bawah 35 tahun. Mereka yang melek teknologi informasi dan kerap belanja secara daring atau online,” ujar Nanda.

Ke depan, kata Nanda, kawasan Cibitung akan jauh lebih pesat perkembangannya. Selain dipadati oleh industri, juga pusat-pusat komersial hiburan, ritel, dan gaya hidup. Karena itu, Metland akan membangun pusat belanjanya lebih dulu dengan kapasitas lebih besar dibanding Metropolitan Mall Cileungsi. “Meskipun dana investasinya sama yakni Rp200 miliar, namun dimensi dan konsepnya berbeda. Metropolitan Mall Cibitung akan menampung sebanyak 40-50%
untuk kegiatan komunitas seperti makan, minum, hiburan, dan hobi,” pungkas Nanda.

Untuk menghidupkan dan memacu pertumbuhan properti di kawasan Cibitung, termasuk proyek Metland Cibitung, PT Metropolitan Land Tbk. kini tengah membangun Stasiun Kereta Rel Listrik (KRL) Telaga Murni yang berada di antara Stasiun Cibitung dan Cikarang dengan investasi hingga Rp40 miliar. Progres stasiun tersebut sudah 10% dan dtargetkan akan beroperasi pada September 2018.

Keberadaan Stasin Telaga Murni akan memudahkan mobilitas warga Cibitung yang ingin menuju ke pusat kota Jakarta. “Ini bagian dari rencana kami untuk memudahkan akses bagi warga Cibitung,” ujar Olivia Surojo, Direktur PT Metropolitan Land Tbk.. KRL untuk lintasan Bekasi-Cikarang resmi beroperasi mulai 8 Oktober 2017. Kehadiran KRL akan memberikan dampak positif bagi properti di sekitarnya. Pasalnya, dengan ketersediaan saran transporasi tersebut maka masyarakat yang bekerja di Jakarta tidak akan ragu lagu untuk mencari hunian di wilayah Bekasi-Cikarang, termasuk Cibitung.

Olivia menambahkan total cadangan lahan yang dimiliki perseoran di Cibitung saat ini sejumlah 490 Ha. Sementara, pengembangan yang sudah dilakukan masih sekitar 180 Ha untuk perumahan dengan kisaran harga dari Rp300 – Rp800 juta.

Pengembang lain yang optimis dengan kawasan Cibitung adalah Mustika Land Development dengan merilis proyek Mustika Park Place (MPP). Di atas lahan seluas 25 Ha Mustika Land Development akan membangun rumah mencapai dua ribu unit. Dalam tahap awal, pembangunannya fokus pada cluster Navarra yang terdiri dari 577 unit dengan luas lahan 7,8 Ha. Terdiri dari 3 tipe yaitu 30/60, 38/60, dan 48/72 dengan varian harga Rp160 jutaan hingga Rp 240 jutaan. “Sebagian besar konsumennya para pekerja manufaktur yang berada di kawasan MM 2100,” kata Myrna Sudjana, Head of the Sales Division Mustika Land.

Perumahan ini dilengkapi gerbang cluster dengan keamanan one gate system, kolam renang dan sport club, jogging track, taman, danau, lingkungan asri serta jaringan fiber optic untuk jaringan internet. “MPP memiliki konsep cluster murni dan menjadi rumah tumbuh. Selain itu, tak ada unit rumah yang menghadap langsung ke jalan boulevard dengan sistem kemanan satu pintu,” jelas Myrna.

MPP terletak di jalan yang menghubungkan Bekasi dan Bogor dan rencana tol Cibitung–Cimanggis, sehingga memiliki kemudahan aksesbilitas. Selain itu, berbagai fasilitas umum juga tersedia di sekitar perumahan ini, seperti rumah sakit, kawasan industri, pusat belanja, hingga sarana rekreasi.“Setelah jalan tol Cimanggis-Cibitung beroperasi, lokasi MPP hanya 750 meter dari pintu tol keluar Jl. MT. Haryono (Jl. Raya Setu),” jelas Myrna. MPI YS

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:

https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia

atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia

mpi-update.com