Gaya Industrial untuk Hunianmu, Kepikiran Ga?

Big Banner
Dapur berkonsep industrial milik Damarisa Devita di Pondok Petir, Depok, Jawa Barat. Rumah123/Dharma Wijayanto

Tampilan rumah, baik interior maupun eksterior, merupakan representasi selera pemiliknya. Tak heran orang sengaja menata rumahnya sesuai dengan karakternya. Mulai dari pemilihan material bangunan rumah, furnitur, hingga pernak-pernik interior rumah.

Bosan dengan gaya umum semisal tembok yang licin dan berwarna cantik, kamu bisa mengubahnya dengan membiarkan dinding rumah tanpa diplester atau menggunakan bata ekspos atau batu alam. Kamu bisa mencoba gaya industrial yang kini semakin diminati.

Ciri dari gaya atau desain industrial adalah menonjolkan raw material. Gaya ini bisa kamu terapkan untuk semua ruangan di rumah, ataupun hanya satu ruang saja semisal di dapur atau di ruang tamu.

Baca juga: Berkonsep Industrial, Dapur Terbuka Ini Bikin Betah Lho!

Agar ruang tamumu dapat terkesan tak biasa, kamu dapat mengekspos beberapa bahan material, misalnya pipa, rangka besi, semen, dan bahkan batu bata. Dengan mengekspos material-material tersebut kesan industrial akan terasa kental pada ruang tamumu.

Gaya ini tidak terlalu banyak memakan biaya produksi. Bahkan, cenderung lebih minim tanpa mengurangi sisi estetika visual.

Ekspos material batu bata dengan cara membiarkan salah satu tembok yang berada di tengah-tengah ruangan tidak disemen dan diberi cat.

Baca juga: KREATIF BERGAYA INDUSTRIAL, ITULAH KANTOR MILENIAL

Dengan mengekspos batu bata tersebut, ruang tamumu akan berkesan lebih hangat dan bersahaja. Seimbangkan batu bata tersebut dengan warna-warna netral pada interior yang dipadukan dengan aksesoris dengan warna yang menyala, misalnya merah atau kuning.

Untuk menghidupkan suasana pada dinding, kamu dapat menggantungkan jendela tua bergaya vintage atau rangka sepeda ontel tak terpakai sebagai ornamen.

Agar batu bata semakin menyala, kamu dapat menggunakan lampu sorot berwarna kuning pada ruangan tersebut. Cahaya lampu kekuningan yang menyentuh batu bata akan memberikan kesan ruangan yang semakin hangat.

Baca juga: Menyulap Apartemen Mini Jadi Keren Bergaya Industrial

Untuk menutup lantai, kamu dapat mengekspos acian semen untuk memberikan kesan unfinished. Jangan lupa memberikan coating untuk menghindari lembap dan jamur pada permukaan dinding dan lantai.

Sempurnakanlah pula tampilan ruang dengan memilih elemen pengisi ruangan dan furnitur yang sesuai dengan tema. Ranjang yang terbuat dari kayu bekas bantalan rel kereta api atau potongan kayu tanpa finishing yang menonjolkan keindahan serat alaminya, cocok untuk mengisi kamar tidur industrial bergaya rustic. 

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me