Kalau Punya Basement, Mau Dibikin Apa Ya? Mau Bikin Kolam Renang Ga?

Big Banner
Rumah yang Didesain oleh Guarnieri Architects (Rumah123/Dezeen)

Ruangan bawah tanah atau basement memang kurang lazim di Indonesia. Rumah yang memiliki basement lebih sering ada di negara-negara Barat.

Namun, belakangan banyak rumah terutama rumah kelas atas di kompleks perumahan mewah yang didesain memiliki basement. Biasanya untuk garasi.

Baca juga: Yuk, Bikin Teras Atap yang Nyaman Buat Bersantai

Kalau kamu memiliki lahan yang terbatas, kamu bisa mendesain basement dalam rumah kamu. Basement ini bisa digunakan untuk apa saja, tidak terbatas untuk garasi atau gudang.

Banyak basement yang dapat dialihfungsikan menjadi ruang yoga atau meditasi, ruang kerja, ruang berkumpul, bahkan hingga menjadi kolam renang. Ga percaya kan?

Baca juga: Toilet Kuburan Bisa Tampil Keren Juga, Eh Hati-Hati Ada Penampakan!

Biro arsitek asal Inggris, Guarnieri Architects mendesain sebuah basement menjadi kolam renang lengkap dengan kolam air panas dan sauna. Guarnieri Architects merupakan firma yang didirikan oleh Marco Guarnieri.

Kolam renang ini memang berada di bawah. Selain itu, salah satu dinding memiliki warna gelap. Namun, Guarnieri Architects memasang jendela kaca berukuran lebar pada salah satu sisi.

Baca juga: Kantor Diubah Jadi Apartemen Plus Taman dan Kolam Renang, Wow Keren Banget!

Hasilnya, kolam renang yang berada di bagian belakang rumah ini terlihat lebih terang. Tidak lupa sebuah pohon besar dalam pot juga ditempatkan dekat kolam renang.

Wah, nggak kebayang ya kalau basement bisa diubah menjadi kolam renang. Enak ya kalau berenang tapi nggak bakal kepanasan terkena sinar matahari.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me