Laporan Pertumbuhan Bisnis Properti Parung Panjang (3)

Big Banner

Salah satu pelecut menjamurnya hunian di kawasan Parung Panjang tak lepas dari revitalisasi Stasiun Parung Panjang dan aktifnya jalur ganda elektrifikasi Parung Panjang-Maja sejak Mei tahun lalu. Kini stasiun Parung Panjang dilengkapi lift, ruang kesehatan, ruang laktasi/menyusui, toilet, ruang musholla, layanan informasi termasuk lost & found. Setiap harinya tak kurang ada 150 kebarangkatan relasi Parung Panjang–Tanah Abang dengan waktu pemberangkatan dari pukul 03.00-21.40 WIB. Tiap harinya ada sekitar 11 ribu penumpang yang menggunakan moda transportasi massal ini.

Selain melayani relasi Parung Panjang-Tanah Abang, di Stasiun Parung Panjang juga tersedia KA jarak jauh Krakatau dengan relasi Merak-Blitar. Sehingga masyarakat yang ingin mudik ke Cirebon, Purwokerto hinga Blitar tak harus lagi jauh-jauh ke statsiun Senen atau Gambir. Sementara itu, jalur kereta Parung Panjang- Citayam yang sudah masuk dalam rencana pembangunan tahun 2020 akan menambah mudahnya akses menuju Parung Panjang.

Selain akses kereta, kawasan Parung Panjang akan semakin mudah diakses setelah dibukanya exit Legok. Diperkirakan proyek jalur bebas hambatan Serpong-Balaraja itu akan rampung di tahun 2018. Adapun, jarak area hunian di kawasan Parung Panjang menuju exit tol hanya berjarak 2-3 kilometer.

Selain kedua akses tersebut, Parung Panjang pun mulai berbenah. Puskesmas sudah jauh lebih modern dan lengkap sekelas rumah sakit, klinik dan bidan sudah banyak. Begitu juga dengan minimarket yang dilengkapi berbagai ATM dari berbagai perbankkan. Sepanjang jalan raya pun sudah banyak dibangun ruko, pertokoan yang menawarkan berbagai macam kebutuhan rumah tangga seperti mebel hingga elektronik.

Surga Baru

Wilayah Parung Panjang diperkirakan akan menjadi pusat pertumbuhan baru, mengingat stok lahan di kawasan Serpong kian terbatas dan mahal. Padahal, dulu kawasan parung Panjang ini identik dengan perumahan menengah bawah karena kokasinya jauh dari keramaian dan tanpa fasilitas.

Masuknya beberapa proyek pengembangan kota mandiri membuat kawasan Parung Panjang akan menjadi pusat pertumbuhan baru. Apalagi dengan harga lebih terjangkau dan akses semakin baik kawasan ini bisa menjadi pesaing Serpong.

Head of Marketing Rumah.com Ike Hamdan mengatakan, Parung Panjang berpotensi menjadi kota mandiri baru melengkapi kota Maja di Provinsi Banten yang tengah dirintis sebagai kota baru oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Apabila Maja memiliki karakteristik kota industri, maka nantinya Parung Panjang tumbuh sebagai kota industri residensial yang tidak padat karya.

Ike menuturkan properti hunian di sekitar Parung Panjang masih didominasi hunian kelas menengah dan menengah bawah. Harga hunian di kawasan tersebut berkisar antara Rp300 juta-Rp600 juta atau Rp 2,5 juta-Rp5,5 juta per m2.

Sementara itu untuk hunian subsidi tahun ini dibandrol dengan harga Rp140 juta dan akan naik menjadi Rp148 juta di tahun 2018. Sedangkan untuk lahan yang ditawarkan dengan luasan besar dan berjarak agak jauh dari stasiun masih ditawarkan mulai dari Rp50 ribu hingga Rp850 ribu per meternya.

Di tempat terpisah, Associate Director for Research Colliers International Indonesia, Ferry Salanto mengatakan, Parung Panjang adalah salah satu kawasan yang bisa menjadi pusat hunian karena dekat dengan Serpong dan BSD yang sudah penuh dan harganya sudah bagus. Jadi bagi warga Jakarta yang tak bisa beli rumah di Jakarta, BSD atau Serpong bisa mempertimbangkan membeli rumah di Parung Panjang.

Namun Ferry mewanti-wanti dalam memilih hunian yang akan dibeli. “Pilih pengembang yang sudah dipercaya dan proyeknya terbukti. Jangan nanti sudah beli tapi gak jadi dibangun,” tandasnya. Lebih lanjut Ferry menambahkan, akses kereta yang baik dan pembangunan tol yang melalui Parung Panjang bisa jadi pintu masuk bagi para investor untuk berbisnis properti di sini.

Selain harga tanah yang masih terjangkau, masuknya pengembang-pengembang besar seperti BSA Land, Hanson Land serta Ayana Land seolah membangunkan kawasan Parung Panjang dari tidur panjangnya. MPI DR

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:

https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia

atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me