Laporan Pertumbuhan Bisnis Properti Parung Panjang (2)

Big Banner

Selain Griya Parung Panjang, menyusul beberapa pengembang menawarkan hunian murah seperti Puri Harmoni 8 yang menawarkan rumah dengan tipe 26/60 dengan harga Rp141 juta, ada pula, Serpong Green paradise, Metro Parung Panjang dan Savana Alam Serpong. Adapun, tipe yang ditawarkan mulai dari 26/60 hingga 36/60 yang dilepas seharga Rp140 juta hingga Rp148,5 juta.

Beberapa rumah subsidi berada di Jalan Cibunar dengan jarak sekitar 2-3 km dari stasiun Parung Panjang. Namun, sayangnya baru jalan yang dekat dengan Kantor Kelurahan Cibunar saja yang sudah dicor.

Sementara itu, pengembang yang menawarkan hunian kelas menengah berada di jalan Dago, Kabasiran, Parung Panjang. Salah satunya pengembang besar BSA Land Group. Lewat Sentraland Paradise, BSA Land memasarkan hunian kluster di atas lahan seluas 40 hektar sejak tahun 2015. Sukses memasarkan sekitar 2000 unit di 7 kluster, BSA Land memperluas wilayahnya hingga 300 hektar. Salah satunya menggaet kerja sama KSO dengan Perum Perumnas dengan membangun
sekitar 400 unit hunian di Sentraland Boulevard yang terkoneksi dengan Sentraland Paradise.

Saat ini Sentraland Paradise tinggal memasarkan kluster terakhir yakni Cluster Venesia. Unit terkecil di kluster ketujuh itu mulai dari tipe 23/60 dilepas dengan harga Rp289 juta dan unit terbesar tipe 50/105 seharga Rp583 juta. Sementara untuk Sentraland Boulevard ditawarkan tipe 39/102 dengan harga 428 juta.

Selain menyediakan hunian, BSA Land juga menyediakan ruko di empat lokasi, komersial area, waterpark hingga akan dikembangkan pasar modern yang berada di antara Sentraland Paradise dan Sentraland Boulevard. Lokasi Sentraland yang berjarak sekitar 800 meter dari stasiun Parung Panjang itu sedang dalam proses perizinan membuka akses langsung ke stasiun Parung Panjang. Dengan begitu, penghuni Sentraland yang akan ke Jakarta tinggal melangkah menuju akses utama menuju Ibu Kota itu.

Selain kedua kompleks itu, BSA masih memiliki proyek lain yakni The River yang berjarak hanya 500 meter dari stasiun Parung Panjang. Meski jalur masuk dari pintu utama masih belum dibangun, namun sebagian besar unit sudah sold out.

Adapun hunian di Cluster West Fortana (Blok B) tipe 39/72 dipasarkan dengan harga Rp399 juta. Sedangkan di Cluster Amazon (Blok A) tipe yang dipasarkan 23/60 hingga 50/105 dengan harga Rp281 juta hingga Rp546 juta Tak jauh dari gerbang Sentraland Paradise, ada hunian kelas menengah Serpong Kencana. Berdiri di atas lahan seluas 50 hektar, anak perusahaan pengembang Hanson Land, PT Mandiri Mega Jaya (MMJ) ini sukses memasarkan 278 unit tipe 23/60 dan 45/72 seharga Rp250-300 juta.

Serpong Kencana yang baru saja me-rebranding menjadi Forest Hill ini sedang memasarkan Cluster Titanium dan Grand Sidero dengan tipe 27/60 dan 45/72 seharga Rp266 – Rp305 juta. Sementara itu, ada pula hunian dua lantai tipe 85/72 yang berada di jalur boulevard dengan harga Rp700 juta.

Pengembang yang mulai menggarap Parung Panjang sejak 2014 ini masih memiliki lahan seluas seribu hektar di jalan Dago, Kabasiran, Parung Panjang. Berada di depan gerbang Sentraland Paradise, Hanson Land akan membangun kota mandiri Millennium City seperti kawasan BSD, Alam Sutra dan Summarecon Serpong.

Khusus untuk Millennium City, MMJ menjalin aliansi strategis dengan mitra asing Pelican Ltd. dan Fame Rock, dimana perusahaan kerja sama tersebut bernama PT. Pacific Millennium Land, dengan porsi kepemilikan MMJ adalah sebesar 40% (single majority shareholder). Pelican Group adalah pemilik properti mewah Pasific Place, Hotel JW Marriot, dan the Ritz Carlton. Sebelumnya MMJ telah menjalin kerja sama operasional (KSO) dengan Ciputra Residence dalam mengembangkan kota baru Maja Raya di daerah Maja, Kabupaten Lebak.

Saat ini Millennium City masih berupa site plan dan rencananya baru akan di bangun pada 2018 mendatang. Diproyeksikan kawasan perumahan ini akan disulap menjadi area perkantoran, apartemen, hotel bintang lima, pusat bisnis, dan perumahan kelas atas. Millennium City akan memiliki 3 gerbang utama di tiga lokasi bebeda yakni Parung Panjang, persis depan Sentraland Paradise, Lalu Cisayur dan Cisauk.

Millennium City bersinggungan dengan proyek pengembangan BSD yang berada di sebelah utara, sedangkan Millenium City berada di bagian selatan yang hanya dipisah oleh rel kereta Api dari Cisauk hingga Parung Panjang. Perusahaan properti yang baru saja melantai di bursa, PT Ayana Land International juga menyiapkan rancangan induk kota mandiri baru seluas 90 hektar di Parung Panjang.

Direktur Utama Ayana Land Erwin Kusnadi mengatakan perusahaannya telah menuntaskan akuisisi lahan di wilayah Parung Panjang dengan rencana pengembangan yang baru dilakukan selama lima tahun mendatang. Kota mandiri baru di Parung Panjang menjadi daya tarik yang potensial dikembangkan sebagai hunian murah bersegmen kelas pekerja dan segmen menengah dengan dukungan akses transportasi KRL.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:

https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia

atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me