Ruang Keluarga Digabung dengan Dapur, Boleh Kok!

Big Banner

 

Ruang keluarga yang berdampingan dengan dapur. Foto: Rumah123/Dharma Wijayanto

 

Mungkin kamu puyeng juga membagi ruangan untuk rumah mungilmu. Ruang tamu, ruang keluarga, ruang kerja, ruang tidur, dan dapur. Kalau kamar mandi biasanya sudah dibuat pengembang. Namun, ga perlu terlalu pusinglah, ada caranya lho supaya hunianmu tetap punya ruangan-ruangan itu.

Bikin saja jadi mudah, ruang tamu dan ruang keluarga yang biasanya terpisah, coba tata saja menjadi satu ruangan. Untuk penggabungan tersebut tentunya kamu bisa menatanya secara fleksibel, efisien, namun tetap cantiik.

Baca juga: Dua Gaya Interior di Satu Ruangan? Gak Masalah!

Jangan lupa perhatikan gaya interior dengan padu-padan bentuk, warna, motif, tekstur, dan tata cahaya, agar tampil harmonis untuk dua fungsi yakni tuang tamu dan ruang keluarga.

Selain gaya interior, kamu pun harus memperhatikan tinggi plafon. Meskipun ruangan yang kamu miliki terbatas, sebaiknya kamu membuat plafon yang tinggi agar ruangan terkesan lapang dan lebih sejuk.

Apiknya dapur yang bersebelahan langsung dengan ruang makan. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

Kamu juga dapat menggantung beberapa buah lampu gantung yang senada dengan gaya modern pada interior ruangan untuk memberikan karakter pada ruang.

Ruang keluarga pun bisa saja kamu satukan dengan dapur, atau ruang makan bergabung dengan dapur. Untuk memisahkan fungsinya, tinggal kamu buat pemisah atau partisi. Tentu saja kebersihan dan kerapian dapur harus selalu dijaga. Kalau tidak, para penghuni rumah akan terganggu pemandangan tak sedap.

Baca juga: Ruang Keluarga, Ruang Makan, dan Dapur Menyatu? Kenapa Ga Bisa!

Jika ruangan tersebut dekat dengan halaman luar rumah, mungkin kamu bisa mencoba menggunakan kaca sebagai pembatas antara bagian dalam dan luar rumah. Hal ini akan menambah kesan menyatu dengan alam dan membuat cahaya matahari bisa langsung masuk ke dalam rumah. Tentunya, ruanganmu pun terlindung dari kondisi lembap.

Kamu pun bisa menggunakan benda dan karya seni sebagai titik fokus pada ruangan tersebut. Jadikanlah pula warna sebagai aksen. Baik warna furnitur maupun warna cat dinding.

 

Ruang tamu yang digabungkan dengan dapur. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me