Pentingnya Perencanaan Keuangan dan Edukasi Investasi Properti, Kamu Udah Paham?

Big Banner
Ilustrasi Properti (Rumah123/iStockphoto)

Sejak kecil, kamu mungkin diajarkan oleh orang tua untuk gemar menabung. Biasanya, berawal dari rutin memasukkan uang ke dalam celengan.

Setelah cukup besar, biasanya kamu memiliki tabungan sendiri. Meski sebenarnya, tabungan masih atas nama orang tua.

Baca juga: Milenial Sampe Lansia Ga Takut Beli Rumah Berhantu

Meski sejak kecil diajarkan menabung, orang Indonesia biasanya hanya tahu soal menabung. Kebanyakan masih awam soal investasi.

Tidak banyak orang Indonesia yang benar-benar paham soal investasi saham, investasi properti, asuransi, saham, reksadana, emas, dan lainnya. Benar nggak?

Baca juga: Tinggal dan Dibayar Rp31 Juta Per Bulan? Ini Tawaran Menarik Bagi Kaum Milenial

Orang juga lebih tahu soal menabung, tetapi tidak memahami soal perencanaan keuangan. Berapa uang yang harus disisihkan untuk kebutuhan sehari-hari, cicilan rumah, cicilan motor, cicilan mobil, asuransi pendidikan, hingga investasi.

 “Kita nggak di-educate untuk perencanaan keuangan. Kita nggak diajar untuk membeli hal yang produktif, malah konsumtif,” ujar Country General Manager Rumah123, Ignatius Untung usai konferensi Festival Properti Indonesia 2017 di Jakarta pada Kamis (09/11/2017).

Baca juga: Jalan-jalan atau Tinggal di Mars ya? Ini Dia Pilihan Kekinian Buat Generasi Milenial

Belum banyak orang yang memahami pentingnya membeli properti pertama. Mereka harus nekat membeli properti pertama.

Harga properti yang terus naik, tidak mungkin dikejar oleh kenaikan penghasilan. Orang harus memaksakan diri membeli properti pertama, setelah itu baru melakukan up grade.

Baca juga: Siapa Bilang Generasi Milenial Susah Punya DP Rumah?

Untung mengungkapkan kalau orang Australia biasa membeli properti 5-6 kali seumur hidup. Mereka bukan berinvestasi properti.

Namun, mereka terbiasa untuk meng-up grade hunian secara berkala. Kalau mereka memiliki penghasilan lebih, mereka memutuskan pindah rumah.

Baca juga: Sekarang Saatnya Bepergian Naik Roket, Siapa Milenial yang Mau Ikut?

“Edukasi soal beli properti harus digalakkan. Bagaimana orang Indonesia punya properti?” lanjut Untung lagi. Untung menyatakan kalau pemerintah dan pihak berkepentingan lain punya andil dalam hal ini.

By the way, kamu sudah melek investasi properti belum? Kamu sudah paham perencanaan keuangan? Wah, kalau belum, kamu ke mana aja sih?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me