4 Langkah Mantap Agar Bisa Cepat Punya Rumah, Kamu Pasti Bisa!

Big Banner

 

Foto: Rumah123/iStock

 

Punya rumah, siapa yang tak ingin? Tapi, untuk mewujudkannya tentu saja tak semudah kamu membalik piring. Perlu usaha dan ketetapan hati agar kamu benar-benar bisa mewujudkannya. Pasalnya, beli rumah tuh butuh dana ratusan juta. Tapi, kamu pasti bisa kok asal benar-benar mau mewujudkannya.

Berikut ini 4 langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengumpulkan dana beli rumah, namun dana yang lainnya juga terpenuhi:

  1. Hitunglah Dana yang Dialokasikan untuk Beli Rumah

Kumpulkan dulu total pendapatan yang kamu miliki dalam sebulan. Kalau kamu sudah menikah, tentunya total pendapatan berdua. Hitung pula berapa pengeluaranmu setiap bulannya. Misalnya, total pendapatanmu Rp10 juta per bulan, sedangkan pengeluaran per bulanmu hanya Rp9 juta. Itu berarti uang yang tersisa Rp1 juta. Dana sebesar itu bisa kamu alokasikan sebagai dana membeli rumah Rp500 ribu dan sisanya yang Rp500 ribu sebagai dana tabungan darurat.

Baca juga: Yuk, Beli Rumah di FPI 2017, Bayar DP Cuma 5 Persen Doang, Tunggu Apalagi Sih?

  1. Mengatur Dana Beli Rumah dan Dana Darurat

Setelah kamu bisa membagi rata alokasi antara dana buat beli rumah dan dana tabungan darurat. Maka mulailah mengatur kedua dana tersebut secara berkelanjutan sampai batas dana. Untuk kamu yang belum menikah, alokasikan dana darurat sebanyak 6 kali pengeluaran sebulan. Sedangkan untuk kamu yang berstatus menikah, alokasikan dana darurat sebanyak sembilan kali pengeluaran bulanan. Namun, kalau sudah ada anak, alokasikan dana darurat sebesar 12 kali pengeluaran bulanan.

Sebaiknya kamu jangan menyatukan tabungan dana darurat menjadi satu dengan dana tabungan untuk beli rumah. Dana untuk pengeluaran bulanan dan tagihan atau kewajiban bulanan, buat terpisah.

Baca juga: Rumah123: Mau Beli Rumah? Kuncinya Nekat, Nekat, dan Nekat

  1. Disiplin Menabung untuk Mencapai Jumlah Dana yang Diinginkan

Percuma saja kamu repot-repot membagi dana dan mengelolanya bila kamu tak disiplin menyisihkan uang ke pos rekening masing-masing peruntukan itu. Kalau tujuan keuanganmu agar bisa beli rumah tercapai, maka kamu harus teratur dan terus-menerus menyisihkan dana hingga terkumpul jumlah yang kamu targetkan.

Kalau gaji atau pendapatan bulananmu meningkat, jangan lupa untuk meningkatkan jumlah tabunganmu untuk dana darurat dan dana beli rumah. Kenapa dana tabungan harus meningkat juga? Pertama ya supaya cepat tercapai jumlah dana yang diinginkan. Kedua, untuk mengimbangi inflasi yang selalu terjadi setiap tahun, sehingga dana yang kamu kumpulkan itu masih bernilai memadai.

  1. Mulai Siapkan Sejak Dini

Nah, langkah yang paling tepat ya kamu harus memulai mengumpulkan kedua dana penting tersebut sejak dini. Kalau sejak dini, maka jumlah dana yang akan terkumpul bisa maksimal. Kalau kedua dana tersebut sudah mencapai jumlah yang cukup signifikan, kamu pastinya akan tenang. Andai ada kebutuhan dana yang tak terduga atau ada penawaran rumah dengan harga yang bagus, maka kamu pun bisa segera membelinya.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me