Tema Batik Sebagai Identitas Apartemen

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Hunian yang baik perlu didesain secara seksama karena menjadi tempat kita menghabiskan waktu untuk bercengkerama dan beristirahat. Hunian yang didesain dengan baik bisa menambah semangat dan memperbaiki mood penghuninya.

apartemen tema batik

Menurut Ninik Kurniawati, founder Renik Planning Architecture (Jakarta), desain yang baik pada sebuah hunian bisa menjadi nilai lebih. Arsitektur dan desain itu bisa mentransformasi ruang biasa menjadi luar biasa baik lingkungan fisik maupun suasananya.

“Jadi, sekarang hunian tidak bisa lagi sekadar fungsional. Karena itu tema desain juga penting untuk menambah nilai lebihnya. Dengan penataan yang baik, ada banyak hal yang bisa kita rasakan mulai dari suasana yang berbeda di setiap sudut ruang yang akan membuat kita lebih nyaman,” katanya kepada housing-estate.com di Jakarta, Selasa (14/11).

Khusus untuk apartemen, ia menekankan perlunya tema dan desain yang dirancang secara khusus, karena luasan dan denah layout ruang apartemen cenderung terbatas dan standar. Jadi, akan sangat monoton bila tidak dirancang dengan baik dengan tema tertentu.

Salah satunya seperti dituangkan di apartemen Synthesis Residence Kemang, Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, yang dirancang Renik. Apartemen yang dikembangkan Synthesis Development itu mengusung tema heritage Batik Jawa pada keseluruhan bangunan dan desain interiornya.

Ninik menjelaskan, tema seperti batik bisa menjadi identitas hunian. Sedangkan untuk interiornya yang sifatnya private tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan dan selera penghuni, yang pada intinya harus bisa membuat penghuninya nyaman.

“Unit apartemen harus bisa dibuat terkesan lebih lapang dengan mengintegrasikan antara desain dan pemilihan perabot dan aksesorisnya. Untuk unit yang lebih kecil mau tidak mau kita harus menggunakan perabot yang multifungsi, seperti meja lipat yang bisa berfungsi sebagai partisi hingga tempat tidur lipat yang ruangannya bisa sekaligus sebagai living room,” terangnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me