Harga Tanah Serang-Panimbang Melonjak, Pertanda Kamu Harus Beli Hunian Sekarang!

Big Banner

Foto: Rumah123/Cimanggis City

Masih belum beli hunian juga? Kalau semua harga hunian sudah tak terjangkau, makin susah aja lho kamu punya hunian. Coba aja lihat harga tanah di sekitar Serang-Panimbang, kini sudah melambung. Pasalnya, jalan tol Serang-Panimbang segera dibangun. Harga tanah di sekitar lokasi proyek jalan tol yang bakal dibangun biasanya memang merangkak naik.

Sebagaimana dikabarkan, harga tanah yang akan digunakan untuk pembangunan jalan Tol Serang-Panimbang pada 2016 lalu, saat mengajukan perkiraan harga awal untuk pembebasan lahan seluas 785 hektare dibutuhkan anggaran sekitar Rp1,034 triliun. Namun, setelah tim appraisal turun, harga perkiraan untuk pembebasan lahan justru melambung dari Rp1,9 triliun hingga Rp2,2 triliun.

Baca juga: Akses Tol Tanjung Priok Beroperasi, Harga Rumah di Sekitarnya pun Bakal Naik

“Jadi sudah diperhitungkan berbagai pertimbangan ekonomis dan komersial dari tanah itu. Jadi sebetulnya enggak ada yang dirugikan,” kata Direktur Utama PT Wika Serang Panimbang (WSP), Entus Asnawi, seperti dikutip Kompas.com, Kamis (16/11/2017).

Menurut Entus, kenaikan harga tanah yang diperuntukkan sebagai lokasi jalan tol merupakan hal yang wajar. Pasalnya, tim appraisal pihak bank juga menghitung potensi pertumbuhan ekonomi yang mungkin terjadi pada masa mendatang berkat adanya jalan tol yang akan dibangun itu.

Appraisal itu bertanggung jawab, ditunjuk oleh BPK dan melihat potensi komersial dari tanah itu. Artinya, yang dilihat bukan hanya harga sekarang, tetapi potensi ke depan,” kata Entus.

Baca juga: Siap-Siap! Dua Tahun Lagi Hunian Sekitar Cibubur Naik 200%

Dalam pembebasan lahan untuk jalan Tol Serang-Panimbang, menurut Entus, ada tiga tim Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yang dilibatkan dan berasal dari 3 wilayah, yakni Serang, Lebak, dan Pandeglang, yang nantinya akan dilalui jalur tol sepanjang 83,7 kilometer. Setidaknya ada sekitar 50 desa di 14 kecamatan berbeda yang akan dilalui jalur tol ini.

Kabar terbaru pada Kamis (16/11/2017), dilangsungkan pembayaran lahan untuk dua desa di Serang. “Minggu depan dari Lebak. Harapannya selanjutnya (proses pembebasan lahan dapat) bergulir,” kata Entus.

Ayo, sebelum harga tanah meningkat dan harga hunian melonjak, mantapkan hati untuk beli hunian. Di manapun ga masalah, sepanjang ada dukungan akses berupa infrastruktur dan moda transportasi umum.

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me