Harga Tanah di Jakarta Naik 22-33 Persen per Tahun, Beli Rumah di Jabodetabek Ajalah!

Big Banner
Foto: Rumah123/iStock

Kamu yang tetap pengen punya rumah di Jakarta, coba pikir ulang lagi. Daripada ga kebeli-beli juga rumah yang kamu idamkan itu, lebih baik geser lokasinya ke pinggiran Kota Jakarta alias ke wilayah penyangga yakni Bodetabek (Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi).

“Kita tahu harga  tanah di Jakarta saja itu saya dengar dari survei itu naik antara 22 sampai 33 persen per tahun. Itu tertinggi di Asia,” kata Wakil Ketua Umum DPP Real Estat Indonesia (REI), Hari Ganie, seperti dikutip Kompas.com, Selasa (21/11/2017).

Baca juga: Harga Tanah Serang-Panimbang Melonjak, Pertanda Kamu Harus Beli Hunian Sekarang!

Apa penyebab kenaikan harga tanah tak terkendali? Salah satu faktor penyebabnya, menurut Hari, akibat belum adanya Rencana Detail Tata Ruang (RDTR). Hal ini membuat proses perizinan menjadi sulit karena peruntukan lahan yang masih bersifat umum.

Sampai saat ini, lanjut Hari, dari 515 kabupaten/kota, baru 3% di antaranya yang telah memiliki RDTR. Termasuk Provinsi DKI Jakarta, telah memilikinya.

Sedangkan wilayah yang belum memiliki RDTR masih mengandalkan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dalam memberikan perizinan kepada calon investor.

“Itu tidak dapat jadi landasan yang cukup kuat untuk terbitkan perizinan. Karena RTRW sangat global dan harus diturunkan di RDTR,” katanya.

Baca juga: Wow, Harga Tanah di Kota Pahlawan Sampe Rp50 Juta per Meter Persegi Lho!

Hari mendorong agar pemerintah daerah merancang RDTR masing-masing wilayah. Hal ini bertujuan untuk memudahkan proses perizinan dan memberikan kejelasan perihal peruntukan tanah di setiap wilayah. Misalnya, lahan di kawasan tertentu hanya untuk permukiman, sedangkan lahan di kawasan lain hanya untuk komersial. “Kalau itu sudah ada, kepastian tentang perizinan dan kepastian tata ruang akan jauh lebih baik,” katanya.

Jadi, tampaknya harga tanah, apalagi di Jakarta, akan terus melaju naik. Konsekuensinya, harga hunian pun ikut merangkak. Mumpung di wilayah Bodetabek belum se’gila’ Jakarta harga tanahnya, kenapa kamu gak mencoba cari hunian di wilayah ini saja?

 

rumah123.com