Sistem Transportasi Masa Depan Tuh Gak Berhenti di Sharing Vehicle ala Uber Doang

Big Banner
Bus Tanpa Sopir yang Diuji Coba di Jerman (Rumah123/Dezeen)

Perusahaan start up asal Prancis, EasyMile merilis bus tanpa sopir di Jerman. Kendaraan ini bernama EasyTren.

Easy Mile merupakan perusahaan yang berdiri pada 2014 lalu. Korporasi yang baru memiliki 90 karyawan ini sudah mempunyai kantor cabang di Singapura dan Denver, Amerika Serikat.

Baca juga: Ga Hanya Rumah yang Bergaya Art Deco, Mobil Juga Bisa Lho

EasyTren digunakan oleh perusahaan transportasi kereta api asal Jerman, Deutsche Ban. Bus tanpa sopir ini diuji coba di kota Birnbacher, negara bagian Bavaria, Jerman.

Bus tanpa sopir ini mengawali uji coba perdananya dari stasiun kereta menuju pusat kota. Jaraknya hanya 700 meter saja.

Baca juga: Mobil Pintar yang Bisa Ajak Sopirnya Ngobrol, Mau Diajak Curhat Ga Ya?

Bus EasyTren ini bisa berjalan sendiri dengan menggunakan piranti sensor, laser, dan sistem GPS (global positioning system). Sistem ini terus dikembangkan oleh EasyMile.

Menurut media Jerman, DW menyatakan kalau untuk pertama kalinya bus tanpa sopir diintegrasikan dengan sistem transportasi publik di Jerman.

Baca juga: Mobil Melayang? Wah, Asyik Dong Parkirnya Pasti Gampang!

Gubernur negara bagian Bavaria, Michael Fahmuller menyambut adanya bus tanpa sopir ini. Dia menyatakan kalau masyarakat yang tinggal di pinggiran kota masih memanfaatkan kendaraan pribadi untuk bepergian.

Deutsche Bahn berencana mengembangkan bus tanpa sopir ini lebih lanjut di masa depan. Rencananya, kendaraan akan dirancang seperti layanan jasa kendaraan pribadi yang bisa menjemput sesuai pesanan ke tujuan mereka.

Baca juga: Mobil Ini Dirancang Seperti Hewan Peliharaan, Lho Kok Bisa Gitu Ya?

Selain itu, kendaraan ini bisa mengangkut penumpang lain yang memiliki tujuan searah. Konsep sharing vehicle ini muncul di Eropa. Beberapa produsen mobil Eropa sudah memikirkan hal ini karena di masa depan ada prediksi orang tidak lagi ingin memiliki kendaraan pribadi.

Pada 2018, Deutsche Ban juga berencana untuk merilis bus tanpa sopir di sejumlah kota besar dan kota kecil di Jerman. Salah satu kota yang dilirik adalah Hamburg.

Baca juga: Mobil Futuristik Buat Rame-rame! Yuk, Satu Kampung Naek!

Kalau di Indonesia sepertinya konsep sharing vehicle malah lebih dulu ya. Konsepnya nebeng. Pernah dengar kan kalau ada sejumlah orang yang memiliki destinasi sama, maka mereka lebih memilih untuk menggunakan satu kendaraan saja.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me