Oman Bakal Punya Kota Masa Depan, Indonesia Kapan Ya?

Big Banner
Kota Madinat Al Irfan yang Didesain oleh Allies and Morrison (Rumah123/Dezeen)

Sebuah kota baru akan dibangun di sebuah padang pasir tandus yang belum dikembangkan. Luas kota baru ini mencapai 624 hektare.

Kota baru ini akan berada di antara ibu kota Kesultanan Oman, Muscat dan kota kecil Seeb. Oman adalah sebuah negara kecil di Timur Tengah.

Baca juga:  10 Kota Paling Nyaman di Dunia

Negara ini hanya memiliki luas 309.000 km persegi dan mempunyai penduduk 4,4 juta jiwa. Negara ini bertetangga dengan Arab Saudi dan Yaman.

Biro arsitek asal Inggris, Allies and Morrison akan mendesain kota baru ini yang bernama Madinat Al Irfan. Nantinya, kota ini akan terus dikembangkan hingga 30 tahun ke depan.

Baca juga: Investasi Properti di Kota Kecil? Potensi Pertumbuhannya Besar Lho

Allies and Morrison didirikan oleh dua arsitek Inggris, Bob Allies dan Graham Morrison pada 1984. Firma ini merupakan salah satu biro arsitek terbesar di Inggris dan memiliki kantor di ibu kota Inggris, London dan Cambridge.

Allies and Morrison merancang desain kota yang berbeda dan tidak identik. Biasanya, rancangan kawasan urban perkotaan terbilang sama. Biro arsitek ini ingin menciptakan tempat yang membuat penghuni merasa sudah cukup lama berada di sana.

Baca juga: Google Bakal Bangun Kota Masa Depan, Wah Seperti Apa Ya?

Biro arsitek akan mempertahankan padang pasir sebagai taman seluas 108 hektar. Nantinya, kota ini akan memiliki sejumlah fasilitas seperti central business district, residensial, komersial seperti perkantoran dan hotel, serta fasilitas umum seperti mesjid.

Lanskap kawasan juga dirancang sesuai dengan alam Oman yang memiliki gunung, lembah, dan terutama padang pasir. Jadi kota selaras dengan lingkungan sekitar.

Baca juga: Tujuh Tahun Beruntun Jadi Kota Paling Nyaman di Dunia, Kota Apa Sih?

“Madinat Al Ifran memberikan kami kesempatan untuk mengeksplorasi sejumlah pemikiran, ide, dan persiapan jangka panjang dalam merancang bangunan, tetapi sekarang dalam skala lebih besar, sebuah kota,” ujar Lead Architect Allies and Morrison, Alfredo Caraballo seperti dilansir oleh laman arsitektur dan desain Dezeen.

Wah, keren juga ya kalau ada kota baru yang menyelaraskan lanskap alam sekitar. Kalau Indonesia punya kota baru tentunya harus selaras dengan lanskap pegunungan, pantai, dan alam tropis ya.

Baca juga:  Diklaim Paling Murah Sedunia, Para Penyewa Hunian di Kota Ini Protes

Kira-kira kapan Indonesia bakal punya kota keren seperti Madinat Al Irfan ini? Kalau ada, kamu mau pindah nggak atau kamu lebih pilih pindah ke Madinat Al Irfan?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me