Investasi Lahan Parkir Lebih Tinggi dari Hunian, Mau Alih Profesi Jadi Tukang Parkir?

Big Banner
Akses Parkir Apartemen di Hong Kong (Rumah123/South China Morning Post)

Bisnis dan ekonomi sudah pasti terkait dengan supply and demand alias pasokan dan permintaan. Buat kamu pernah belajar ekonomi di sekolah menengah pasti belajar hal ini.

Saat pasokan terbilang sedikit dan permintaan yang terlalu banyak, harga produk akan melambung tinggi, bukan? Bahkan, harganya bisa bikin geleng-geleng kepala.

Baca juga: Developer Hong Kong Belum Beradaptasi dengan Generasi Milenial DINC

Perusahaan investasi dan sekuritas Mizuho Securities Asia melakukan riset yang tidak biasa mengenai kenaikan harga apartemen dibandingkan dengan harga parkir di Hong Kong. Mungkin buat awam, riset ini memang unik.

Tetapi, untuk informasi, harga lahan parkir satu mobil di Hong Kong memang mahal. Harganya bisa sama atau malah lebih mahal dari harga apartemen.

Baca juga: Harga Properti Selangit, Banyak Pasangan di Hong Kong Tunda Memiliki Anak atau Menikah

Mizuho Securities Asia melakukan riset dengan membandingkan tiga hunian yang dibangun oleh perusahaan pengembang swasta yaitu Provident Garden di North Point, Mei Foo Sun Chuen di Lai Chi Kok, dan Island Harbourview di Tai Kok Tsui.

Dalam enam tahun terakhir, harga hunian di tiga lokasi ini sudah mencapai 52 persen. Gila ya investasi properti, harga naik lebih dari separuh dalam tempo enam tahun saja.

Baca juga: Harga Apartemen Semakin Tidak Terjangkau, Developer Hong Kong Bangun Unit Mini

Namun, yang mengagetkan adalah harga lahan parkir malah naik lebih gila-gilaan lagi! Mau tahu berapa angkanya? Kenaikannya mencapai 167 persen!

Kenaikan harga hunian di Provident Garden terbilang tidak sebesar rata-rata, hanya 37 persen. Nah, mau tahu kenaikan harga lahan parkirnya berapa persen? Harganya naik 257 persen!

Baca juga: Di Hong Kong Ada Apartemen Seluas 46 Meter Persegi dengan Harga Rp5,1 Miliar!

Riset Mizuho Securities Asia ini juga mengungkapkan kalau harga lahan parkir di Hong Kong bisa mengalahkan harga hunian dalam 12 tahun terakhir. Hal ini tidak mengherankan. Pada Juni 2017, sebuah lahan parkir di Upton, Sai Ying Pun terjual dengan harga 5,18 juta dollar Hong Kong (Rp8,9 miliar). Catat ya, ini untuk satu mobil doang lho.

Sementara itu, data dari Rating and Valuation Department Hong Kong mengungkapkan kalau dalam periode yang sama, harga rata-rata rumah second naik 84 persen.

Baca juga: Harga Sewa Hunian Jakarta Lebih Mahal dari Hong Kong?

“Sepertinya hal normal kalau menemukan lahan parkir memiliki nilai transaksi di atas 2 juta dollar Hong Kong (Rp3,4 miliar) atau 256.000 dollar AS (Rp3,4 miliar) dan harga 1 juta dollar Hong Kong (Rp1,7 miliar) mulai menjadi nilai awal untuk satu lahan parkir mobil di Hong Kong,” ujar analis properti Mizuho Securities Asia, Alun Jin seperti dilansir oleh South China Morning Post.

Wow, lahan parkir lebih mahal dari hunian? Mungkin hanya terjadi di Hong Kong ya. Kamu tertarik hijrah ke Hong Kong, sepertinya jadi juragan parkir bisa jadi profesi dengan masa depan cerah lho. Berani pindah?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me