Lukisan Seharga Rp6 Triliun? Kalau Beli Rumah Dapat Berapa Banyak Ya?

Big Banner
Lukisan Salvator Mundi karya Leonardo da Vinci (Rumah123/Elledecor)

Lukisan berjudul Salvator Mundi karya Leonardo da Vinci menjadi lukisan termahal di dunia setelah melewati proses lelang di balai lelang Christie’s, New York, Amerika Serikat pada 15 November 2017. Mau tahu harganya? 450,3 juta dollar (Rp6 triliun).

Lelang hanya berlangsung selama 19 menit. Ada empat pembeli yang melakukan lelang dari telepon dan satu pembeli di ruang lelang. Identitas pembeli tidak diungkapkan.

Baca juga: Pusat Seni Tiongkok Ini Perpaduan Identitas Tradisional dan Arsitektur Kontemporer

Harga lukisan Salvator Mundi ini mengalahkan lukisan mahal lainnya, lukisan berjudul Women of Algiers yang merupakan hasil karya Pablo Picasso. Harga Women of Algiers hanya 179,4 juta dollar AS (Rp2,4 triliun).

Salvator Mundi diperkirakan dilukis pada 1500. Kabarnya, lukisan ini sempat rusak sebelum ditemukan pada 2005. Untuk pertama kalinya sejak 1909, lukisan ini ditemukan di tangan kolektor pribadi.

Baca juga: Pelukis Legendaris Dunia Pablo Picasso Pernah Tinggal di Rumah Ini Lho

Lukisan ini menggambarkan Yesus Kristus sebagai penyelamat dunia. Dia memegang bola kristal di tangan kirinya, sementara tangan kanannya diangkat.

Lukisan ini sempat tergantung di kamar pribadi istri Raja Inggris Charles I. Kemudian lukisan ini berpindah tangan beberapa kali sebelum 1763. Lantas lukisan ini dijual ke Charles Herbert Sheffield, keturunan dari bangsawan Inggris Duke of Buckingham.

Baca juga: Wuih, Semua Bangunan di Kota Kecil Ini Penuh Lukisan Bunga Lho

Tidak ada catatan mengenai lukisan ini sampai akhirnya dibeli oleh Sir Charles Robinson pada 1900. Dia menyangka kalau lukisan itu dibuat oleh Bernardino Luini, pengikut Da Vinci.

Lantaran tidak ada yang tahu kalau itu lukisan sang maestro, lukisan ini dijual dengan harga 45 dollar AS (Rp607 ribu) pada 1958. Kalau memakai kurs saat ini sekitar 500 dollar AS (Rp6,7 juta).

Baca juga: Kawasan Mixed Use Ini Terinspirasi dari Lukisan Klasik Lanskap Tiongkok

Pada 2005, lukisan ini ditemukan kembali. Para peneliti membutuhkan waktu enam tahun untuk membuktikan kalau lukisan ini karya Da Vinci.

Pada 2011, lukisan ini dipamerkan kepada publik di National Gallery di London, Inggris. Setelah lelang, balai lelang Christie’s akan melakukan tur untuk memamerkan lukisan ini di Hong Kong, London, serta San Francisco dan New York (keduanya di Amerika Serikat).

Baca juga: Pajang Foto dan Lukisan? Ga Masalah Asal Bukan Foto Ibu Pengabdi Setan

“Salvator Mundi dilukis dengan gaya yang sama seperti Mona Lisa, dan keduanya memilliki komposisi yang sama,” ujar Chairman Post-War and Contemporary Art Department Christie’s, Loic Gouzer seperti dikutip oleh laman gaya hidup Elledecor.

Wah, lukisan harganya bisa Rp6 triliun? Malah sebelumnya malah dianggap rongsokan lho. Nah, buat kamu yang punya warisan benda seni dari kakek nenek, coba deh cari tahu sejarahnya, siapa tahu ada benda seni berharga mahal.

Baca juga: Unik Juga Ya, Lampu yang Terinspirasi dari Lukisan

By the way, kalau kamu punya Rp6 triliun, kamu mau beli rumah kayak apa ya? Kalau beli rumah, bisa satu kota sendiri tuh. Kalau beli apartemen, kamu bisa beli superblok ya.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me