3 Kunci Sukses Bisnis Kos-Kosan, Mau Tiru?

Big Banner

 

Foto: Rumah123/iStock

 

Properti masih merupakan pilihan menarik di antara sejumlah instrumen investasi. Utamanya bisnis kos-kosan. Ga percaya? Cobalah kamu jalan-jalan ke kawasan sekitar kampus, maka akan tampak betapa gencarnya bisnis kos-kosan.

Walaupun permintaan pasar akan tempat kos kian meningkat, namun penanganannya harus terus ditingkatkan. Kalau kamu berkeinginan bisnis kos-kosan, harus mengetahui seluk-beluk bagaimana bisnis ini dapat berkembang, termasuk keuntungan dan risikonya.

Baca juga: Mau Punya Uang Tambahan, Bisnis Kost Yuk!

Berikut ini beberapa faktor kunci yang harus kamu pertimbangkan saat akan memulai usaha kos-kosan:

Pertama, Lokasi yang Strategis

Lokasi jadi hal pertama yang harus kamu pertimbangkan untuk bisnis kos-kosan. Kamu ga mau usaha kos-kosan kamu ga berkembang dan sepi peminat, bukan?

Pilihlah lokasi yang dekat dengan area kampus atau perkantoran/industri. Sebisa mungkin kampus atau perkantoran itu dapat dicapai dari area kos-kosan hanya dengan berjalan kaki saja, sehingga dapat menghemat juga biaya transportasi.

Baca juga: Menata Kamar Kos

Kedua, Kamar yang Bersih, Aman, dan Nyaman

Kebersihan, keamanan, dan kenyamanan anak kos harus kamu jamin. Semisal ada fasilitas pencahayaan dan sirkulasi udara yang memadai untuk tiap kamar. Kamu perlu juga menyeleksi anak kos tersebut dan membuat aturan untuk tetap menjaga keamanan dan kenyamanan.

Kamu juga perlu mengetahui identitas setiap anak kos yang kamu terima, misalnya dengan memberikan formulir khusus tentang data pribadi ataupun melakukan perbincangan singkat saat penerimaan.

Ketiga, Dekat dengan Beberapa Akses

Walaupun lokasi kos-kosan yang kamu bangun sangat dekat dengan kampus ataupun area perkantoran, bukan berarti penyewa kosan akan berdiam diri saja di kosan, bukan? Mereka juga tetap memerlukan akses yang mudah ke berbagai sarana hiburan, fasilitas umum, stasiun, terminal, ataupun bandara.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me