Mau Lihat Cara Bikin Apartemen Studio Ga Kayak Kamar Hotel?

Big Banner
Apartemen yang Didesain oleh TRIA Arquitetura (Rumah123/Dezeen)

Kalau kamu tinggal di apartemen tipe studio, kamu merasa seperti tinggal di kamar hotel kan? Iya, kalau fasilitasnya sama, kalau nggak, kan bete juga.

Nah, karena merasa seperti tinggal di hotel, kamu mungkin berpikir luas ruangan yang terbatas. Ya, iyalah karena apartemen tipe studio memang punya ukuran paling kecil.

Baca juga: Kamar Tidur Warna Putih Membosankan? Coba deh Lihat Apartemen Ini

Lewat desain interior yang tepat, apartemen studio bisa disulap menjadi lebih lega lho. Masih nggak percaya kan?

Biro arsitek asal Brasil, TRIA Arquitetura merancang ulang sebuah apartemen studio di Sao Paulo. Kota ini merupakan salah satu kota terbesar di Brasil.

Baca juga: Mau Tahu Cara Menyiasati Apartemen Sempit? Hmm, Ini Dia Nih

Klien memiliki apartemen studio dengan ukuran 27 meter persegi. Dia ingin memiliki fleksibilitas saat berada di dalam ruangan.

“Apartemen studio biasanya memiliki privacy yang minim. Sesekali, saat Anda melangkah menuju pintu utama dan melihat tempat tidur seolah-olah sedang berada di kamar hotel. Kami ingin mengubahnya dan menciptakan lingkungan yang baru,” ujar founder TRIA Arquitetura, Sarah Bonanno kepada laman arsitektur dan desain Dezeen.

Baca juga: Metode Penyimpanan Ala Jepang Diaplikasikan untuk Apartemen di Australia

TRIA Arquitetura melakukan sejumlah perubahan. Biro arsitek memasang partisi permanen berupa bata namun berlubang. Partisi ini menggantikan material kaca yang digunakan sebelumnya.

Partisi dipasang pada bagian yang bersisian dengan tempat tidur. Area kamar tidur pun tercipta dan menjadikannya sebagai bagian yang memiliki privacy.

Baca juga: Kombinasi Permainan Warna dan Motif Keramik dalam Studio dan Apartemen di Hong Kong

Biro arsitek juga membuat customized furniture yang berfungsi banyak. Furnitur ini bersisian dengan dinding dan menjadi tempat untuk ruang duduk dan ruang makan. Furnitur seperti ini dipilih lantaran apartemen memiliki luas terbatas.

Buat kamu yang tinggal atau memiliki apartemen studio, bisa dibayangkan kalau desain ini bisa menyiasati masalah privacy dan juga keterbatasan ruang? Mau desain ulang apartemen kamu nggak?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me