Mau Bikin Ruang Tamu Plus Studio Foto? Nah, Lihat Dulu Desain Ini

Big Banner
Ruangan yang Didesain oleh Post Office Architectes (Rumah123/Dezeen)

Kalau kamu memiliki bisnis rintisan atau menjadi pekerja freelance, nggak ada salahnya kok untuk membuat kantor di rumah. Kamu bisa menghemat pengeluaran.

Buat kamu yang berprofesi menjadi fotografer, salah satu ruangan di rumah kamu bisa saja disulap menjadi studio foto. Mungkin kamu bisa mengambil inspirasi dari desain ruangan ini.

Baca juga: Gampang Kok, Bikin Ruang Tamu yang Berdesain Minimalis

Biro arsitek asal Prancis, Post Office Architectes memiliki klien seorang fotografer bernama Matthieu Deluc. Biro ini memiliki kantor di Paris, Prancis dan New York, Amerika Serikat.

Deluc menginginkan adanya ruang tambahan di bagian atas apartemennya. Dia mau ruangan ini digunakan sebagai studio pada siang hari dan ruang tamu pada malam hari atau akhir pekan.

Baca juga: Ruang Tamu Berfungsi Sebagai Ruang Keluarga? Kenapa Nggak!

Apartemen dua lantai ini dibangun pada era abad 19. Lantas ada tambahan lantai yang dibangun pada abad 20. Namun, membangun ruangan ini ternyata tidak mudah dan membutuhkan waktu lima tahun. Desain awalnya dimulai dari 2012.

“Dana klien juga sangat terbatas, jadi kami memberikan proposal arsitektur yang kuat dan solusi konstruksi yang sangat ekonomis,” ujar co-founder Post Office Architectes, Line Fontana kepada situs arsitektur dan desain Dezeen.

Baca juga: Kombinasi Permainan Warna dan Motif Keramik dalam Studio dan Apartemen di Hong Kong

Post Office Architectes membuat struktur melengkung yang diperkuat kerangka baja. Pada sisi kanan kiri bangunan dipasang  material kaca.

Pada bagian luar terlihat struktur baja, sementara dalam interior menggunakan material kayu. Material ini dipilih karena memberikan kesan hangat serta nyaman bagi penghuni dan tamu.

Baca juga: Rumah Kayu Diubah Jadi Ruang Kerja dan Studio, Penasaran Kayak Apa?

Untuk menghemat waktu pemasangan, semua bagian dari ruangan ini merupakan bentuk prefabrikasi dan dirakit di pabrik. Jangan heran kalau pemasangan memakan waktu hanya 15 hari saja.

Nah, kamu nggak perlu membuat bangunan serupa lho. Kamu hanya perlu melihat desain interiornya saja mengenai studio dan ruang tamu.

Baca juga: Rumah Pertanian Disulap Jadi Studio Seni? Kamu Mau Ikut Coba?

Apa saja yang ada dalam ruangan ini, seperti kursi, meja, pencahayaan ruangan, serta fasilitas lainnya. Hmm, berani coba desain studio di rumah?

Ruangan yang Didesain oleh Post Office Architectes (Rumah123/Dezeen)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me