Cicilan Bertahap ke Developer Makin Panjang

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Membeli rumah dengan menyicil tidak harus bergantung pada bank dengan mengambil kredit pemilikan rumah (KPR) atau  kredit pemilikan apartemen (KPA). Sekarang cukup banyak yang menawarkan cicilan langsung ke developer (installment).  Persyaratannya lebih mudah dan fleksibel. Tidak ada BI checking,  urusan administratif juga  lebih sederhana. Asal konsumen punya kemampuan mengangsur developer akan meladeni. Selain itu uang mukanya juga bisa diangsur.

Griya Semanan @Taman Semanan Indah

Griya Semanan @Taman Semanan Indah

Tidak seperti beberapa tahun lalu yang periodenya pendek, sekarang angsuran langsung ke developer lebih panjang. Periodenya bisa sampai lima tahun (60 kali angsuran), bahkan sekarang ada yang menawarkan lebih panjang lagi sehingga angsurannya lebih ringan. Contohnya, CitraLake Suites yang dibangun Ciputra Group di Citra Garden City, Kalideres, Jakarta Barat. Di apartemen ini konsumen  bisa menyicil hingga enam tahun.

Tipe 1 bedroom (BR/48,9 m2) dengan installment selama 72 kali harganya Rp1,36 miliar. Cicilannya Rp19 juta per bulan. Bila dibeli dengan KPA selama 10 tahun cicilannya Rp13,4 juta per bulan.  “Uang mukanya 10% diangsur enam kali,” ujar staf pemasarannya kepada housing-estate.com di Jakarta, kemarin (7/12). Harga tersebut sudah termasuk PPN tapi belum BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan), AJB, dan BBN.

Taman Semanan Indah di Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat, bisa dibeli dengan cicilan 60 bulan. Bisa juga dibeli dengan angsuran lebih pendek 12 atau 18 kali. Semuanya rumah dua lantai tipe  93/77 dan 97/80 di klaster Griya Semanan seharga Rp2,1 miliar dan Rp2,2 miliar.  Harga tersebut lebih tinggi sekitar Rp316 juta dibanding dengan harga KPR.  Khusus angsuran 60 kali rumahnya indent 24 bulan.

Lokasi apartemen dan perumahan besutan Intiland Development itu cukup dekat dengan jalan tol lingkar luar barat (JORR W2) Ulujami-Penjaringan-Bandara.  Karena itu kawasan ini mudah diakses dari Jakarta Utara, Jakarta Barat dan Jakarta Selatan terutama koridor TB Simatupang. Menuju Bandara Soekarno Hatta juga dekat.

housing-estate.com