Crowfunding Selamatkan Kastil Prancis, Wah Bisa Ditiru di Indonesia Dong

Big Banner
Kastil Chateau de la Mothe-Chandeniers, Prancis (Rumah123/Curbed)

Kastil Chateau de la Mothe-Chandeniers ini berada di kawasan Les Trois-Moutiers, Prancis. Lokasi kastil ini berjarak 321 km arah barat daya ibu kota Prancis, Paris.

Kastil ini memiliki sejarah panjang. Kastil ini dibangun oleh keluarga Baucay pada era 1200-an. Bangunan ini menjadi benteng pertahanan keluarga Baucay yang menguasai kawasan ini.

Baca juga: Pasti Ga Percaya Kalau Tahu Sejarah Hotel Mewah The Liberty

Bangunan ini sempat direnovasi dua kali pada 1809 dan 1970. Beberapa bagian bangunan asli diubah menjadi bergaya romantic.

Kastil ini sempat dikuasai oleh tentara Kerajaan Inggris dua kali pada era Abad Pertengahan. Lantas kastil ini sempat dihancurkan pada era Revolusi Prancis.

Baca juga: Kastil Prancis Abad 18 Ini Dipermak Jadi Hotel Butik yang Keren!

Belakangan kastil ini memang semakin tidak terawat. Pada 1981, pemilik kastil ini yang berprofesi sebagai guru matematika melakukan banyak hal untuk menyelamatkan kastil tersebut. Sayangnya, semua itu tidak cukup. Kastil ini mulai ditumbuhi semak pada bagian jendela dan atap.

Dari pada melihat kastil ini dirubuhkan oleh developer, masyarakat setempat bersatu dan mengumpulkan uang untuk menyelamatkannya. Mereka patungan mengumpulkan uang.

Baca juga: Diskon Gede Buat yang Mau Beli Kastil Prancis Ini, Mau?

“Idenya bukan hanya mengumpulkan uang, tetapi mendapatkan sebanyak mungkin orang untuk berpartisipasi menyelamatkan tempat yang indah dan mengagumkan ini,” ujar Romain Delaume seperti dikutip oleh Guardian.

Delaume merupakan founder laman Prancis, Dartagnans yang sukses mengumpulkan lebih dari 1,3 juta dollar AS (Rp17 miliar) untuk pengumpulan dana ini alias crowfunding. Sudah ada lebih dari 13.000 orang yang ikut dalam aksi ini. Nantinya, mereka akan menjadi pemilik bersama.

Baca juga: Beli Kastil Dapat Bonus Pulau dan Harta Karun!

Wow, keren juga ya kalau ada aksi pengumpulan dana untuk menyelamatkan bangunan. Crowfunding memang sudah dikenal termasuk di Indonesia sih, namun biasanya untuk aksi amal sosial.

Mungkin belum ada nih crowfunding untuk menyelamatkan bangunan bersejarah di Indonesia. Siapa tahu ada situs bersejarah yang tidak diperhatikan dan perlu diselamatkan. Ketimbang menunggu bantuan pemerintah, masyarakat harus turun tangan sendiri.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me