Kalau Punya Banyak Ruang Publik, Kamu Bisa Bermain dan Berkumpul Bersama

Big Banner
Ruang Publik yang Didesain oleh Politecnico di Torino (Italia) dan Ecole Polytechnique Federale de Lausanne (Swiss) (Rumah123/Curbed)

Kawasan Baitasi, Beijing, China ini memang tergolong area yang punya sejarah panjang. Area ini penuh sesak dengan perumahan jaman dulu dan juga hutong alias jalan kecil.

Wilayah dengan perumahan tradisional ini sudah ada sejak era Dinasti Yuan yang berkuasa pada 1271 hingga 1368. Namun, saat ini sudah banyak rumah-rumah lama yang sudah dihancurkan karena pengembangan kota. Saat ini, hanya tersisa sekitar 1.000 rumah lama.

Baca juga: Mantap Nih! Thailine Menjadi Ruang Publik yang Ramah Lingkungan

Belum lama ini, saat penyelenggaraan Beijing Design Week 2017, kawasan ini direvitalisasi dan diperbarui dengan membuat perubahan pada beberapa rumah dan jalan-jalan kecil di sekitarnya. Transformasi membuat arena bermain untuk anak-anak dan juga orang dewasa.

Dua perguruan tinggi ternama dari Eropa, Politecnico di Torino (Italia) dan Ecole Polytechnique Federale de Lausanne (Swiss) berkolaborasi untuk mengubah tampilan kawasan perkampungan ini.

Baca juga: Ruang Publik Plus Galeri di Atas Lahan Parkir

Area jalan dan rumah mendapatkan aplikasi cat biru muda. Hal ini dilakukan selain untuk memberikan sentuhan warna berbeda, juga untuk menghilangkan batasan antara ruang publik dan ruang privat.

Revitalisasi ini dilakukan agar penduduk sekitar dan juga tamu yang berkunjung bisa saling berbaur serta saling terkoneksi dengan lingkungan sekitar. Agar ada interaksi dan bisa membentuk ruang publik, Politecnico di Torino dan Ecole Polytechnique Federale de Lausanne menempatkan sejumlah permainan.

Baca juga: Ruang Publik dan Akses Pejalan Kaki di Kawasan Bisnis, Keren Kan!

Permainan yang ditempatkan di antaranya adalah tenis meja, catur China, dan hopscotch. Kalau di Indonesia, hopscotch dikenal dengan nama permainan engklek. Permainan ini mungkin tidak dikenal oleh kids jaman now.

“Anda bisa mengetahui seseorang dengan bermain bersamanya selama sejam, dibandingkan berbincang dengannya selama satu tahun.” Pernyataan dari filsuf Plato ini tertulis dalam salah satu dinding dekat arena permainan.

Baca juga: Lapangan Basket Warna Warni? Nah, Begini Desain Ruang Publik yang Keren

Wah, memang benar ya. Kalau ada ruang publik ini, kamu bisa berinteraksi, bermain, dan melakukan banyak hal dengan orang lain.

Belakangan, sudah mulai banyak ruang publik terutama di kota besar seperti Jakarta ya. Kamu sering nggak main ke ruang publik dekat rumah kamu?

Baca juga: Ruang Publik Ini Didesain Atasi Cuaca Dingin, Nah Ini Baru Keren

Ruang Publik yang Didesain Politecnico di Torino (Italia) dan Ecole Polytechnique Federale de Lausanne (Swiss) (Rumah123/Curbed)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me