Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro Jaya yang Didesain Senyaman Mall

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Kota baru Bintaro Jaya (2.321 ha) yang dikembangkan PT Jaya Real Property (JRP) Tbk di Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten, kian menegaskan diri sebagai kawasan permukiman terlengkap di selatan Jakarta, menyusul diresmikannya Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) Bintaro Jaya, pekan lalu.

Area lobi utama Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI)-Bintaro Jaya di kawasan Bintaro Jaya (2.320 ha), Pondok Aren, Tangerang Selatan (Banten) yang didesain hijau, modern dan penuh warna. (Foto: Dok. RSPI Group)

Area lobi utama Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI)-Bintaro Jaya di kawasan Bintaro Jaya (2.320 ha), Pondok Aren, Tangerang Selatan (Banten) yang didesain hijau, modern dan penuh warna. (Foto: Dok. RSPI Group)

Rumah sakit itu berlokasi di CBD Emerald seluas 1,26 hektar yang menambah fasilitas sekaligus geliat kehidupan kawasan permukiman yang dikembangkan sejak 1979 itu. Peresmian dihadiri Ciputra, pemilik Grup Ciputra sekaligus pemegang saham Grup Jaya, induk JRP, dan Grup Pondok Indah, serta Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany Wardana.

Ini rumah sakit ketiga RSPI Group setelah RSPI Pondok Indah, Jakarta Selatan, dan RSPI Puri Indah, Jakarta Barat, hasil kerja sama RSPI dengan JRP melalui PT Jaya Binara Mediktama. Rumah sakit dengan 100 tempat tidur dan 102 dokter ini sudah beropreasi sejak April lalu.

Oleh perancangnya Bruce Crook dari Silver Thomas Hanley, firma konsultan arsitektur khusus infrastruktur kesehatan asal Melbourne, Australia, rumah sakit setinggi tujuh lantai dengan luas bangunan 34.000 m2 itu didesain mengedepankan konsep hijau dan homey. Mulai dari fasad bangunan, lansekap, area lobi utama hingga tempat pendaftaran pasien rawat jalan, terlihat bukan seperti rumah sakit pada umumnya yang umumnya terkesan formal dan dingin.

Lobi utama didesain bak etalase pengunjung mal yang mewah dengan material kaca di sejumlah dinding, lantai dilapisi marmer dan artwork bergaya surealis. Nuansa hijau muncul berkat tiga taman mungil dengan tanaman dan pohon rimbun serta miniatur jerapah dan itik sebagai aksen. Tak lupa, bangku-bangku cokelat dari kayu diletakkan mengitari taman artifisial itu.

Tempat pendaftaran pasien didesain berbentuk kubus sehingga lebih mirip gazebo kekinian. Di depannya terdapat mini coffee shop di samping restoran modern bertajuk Cafe RSPI.

Yang menarik, ruang periksa balita dan anak di lantai dua didesain seperti ruang bermain. Sofa empuk, cat dinding warna-warni, boneka-boneka lucu dan lukisan penuh warna terlihat menggemaskan di area itu.

“Konsep ini dipilih untuk membuat pasien nyaman meskipun sedang berada di rumah sakit. Hal itu dharapkan dapat mendukung proses pemulihan pasien,” kata Presiden Direktur RS Pondok lndah Group Anna Subagdja.

Rumah sakit dilengkapi sejumlah fasilitas terintegrasi seperti one stop service medical check-up, layanan maternity clan kesehatan anak, berbagai klinik rawat jalan, orthopaedic center, dental specialist clinic, serta layanan rawat inap, termasuk unit perawatan intensif (lCU dan NICU).

Chief Executive Officer RS Pondok Indah Group Yanwar Hadiyanto menyatakan, salah satu keunggulan RSPI Bintaro Jaya adalah konsep digital hospital-nya. “Rekam medis pasien bisa langsung terbaca dan dokter pun bisa cepat mengambil keputusan untuk berbagai tindakan,” jelasnya.

housing-estate.com