Strategi JO-JV Upaya Berbagi Profit & Membagi Resiko (1)

Big Banner

Developer membagi risiko dengan menekan belanja modal untuk melakukan ekspansi. Mitra strategis lokal dianggap lebih mengerti aturan dan karakter wilayahnya. Salah satunya dengan konsep kerjasama Joint operations-Joint Ventures. Atau kerjasama operasional dan kerjasama antara perusahaan dari negara yg berbeda. (JO-JV).

PT Agung Podomoro Land Tbk. (APLN) misalnya mengaku akan terus mengoptimalkan upaya menggandeng mitra strategis lokal dalam mengembangkan proyek-proyek besutannya. Agung Wirajaya, Assistant Vice President Head of Strategic Residential Marketing Division PT Agung Podomoro Land, Tbk. (APLN) mengungkapkan selama ini mitra strategis lokal dianggap lebih mengerti aturan dan karakter wilayahnya.

Jika bermitra di bawah bendera APLN, maka komposisi kepemilikan perusahaan akan lebih besar di atas 50%. “Selalu seperti ini, kami semua bermitra untuk mengembangkan proyek, sehingga selalu kami membidik pemilik lahan lokal untuk kerja sama. Lebih aman juga karena pemilik lahan lokal pasti lebih tahu aturan karakter wilayahnya,” kata Agung. Terbaru, APLN akan mengembangkan proyek Podomoro Park seluas 100 hektare di Bandung Selatan. Proyek ini juga akan bekerja sama dengan pemilik lahan lokal.

Hal yang sama dilakukan Synthesis Development. Project and Operation Director Synthesis Development Fianty R Gosa mengatakan, pihaknya berupaya membagi risiko dengan menekan belanja modal dalam upaya melakukan ekspansi. Selain itu dengan cadangan lahan yang belum banyak dikuasai perusahaan, maka akan lebih efektif mengembangkan suatu proyek bekerja sama dengan pemilik lahan.

Rencananya Synthesis Development akan menggandeng pemiliki lahan lokal di Pontianak, Kalimantan Barat untuk mengembangkan 200 unit rumah tapak. Proyek itu akan lepas dengan menyasar segmen menengah dengan harga di bawah Rp1 miliar. “Belanja lahan tak akan terlalu banyak dengan penyerapan yang masih lemah. Terutama kondisi konsumen yang juga masih menahan diri,” kata Fianty.

PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI) saat ini juga masih terus mencari mitra strategis untuk melakukan pengembangan lahan di kawasan Alam Sutera maupun kawasan Suvarna Sutera Pasar Kemis. Lilia Sukotjo, Direktur ASRI mengatakan, pihaknya saat ini tengah menjajaki kerja sama dengan beberapa investor baik dari lokal maupun dari asing. “Ada beberapa mitra yang dijajaki yang kita harapkan bisa deal salah satunya tahun ini, “ katanya.

Pengembangan bisa dilakukan dengan berbagai skema, misalnya investor tersebut mengembangkan sendiri lahan tersebut, mengembangan lahan dengan mengajak mitra atau membentuk perusahaan joint venture dengan Alam Sutera.

Sedangkan PT Intiland Development Tbk bermitra dengan sejumlah pengembang daerah yakni PT Menara Tinggi Bertumbuh (MTB), PT Cipta Griya Sriwijaya (CGS), dan PT Multi Bangun Realtindo (MBR) untuk membangun perumahan rakyat. Sekretaris Perseroan sekaligus Head of Corporate Social Responsibility/CSR Intiland Theresia Rustandi mengatakan, kemitraan ini merupakan bagian dari pelaksanaan program CSR yang bertujuan membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sejumlah wilayah Indonesia.

“Kami ingin merangkul semua pihak yang punya kepedulian yang sama dalam memberikan solusi penyediaan hunian yang layak di daerah-daerah. Kami percaya pada keahlian para pengembang daerah dalam membangun hunian yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat,” kata Theresia.

Puri Permata Indah di Pacitan, Jawa Timur menjadi proyek pertama kemitraan ini. Di lahan seluas 1 hektare di Pacitan, Jawa Timur, akan dibangun sebanyak 106 unit rumah sederhana yang bisa dibeli menggunakan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Puri Permata Indah merupakan kawasan perumahan 4 hektare yang dikembangkan Intiland sejak 2007 dengan menggandeng kontraktor lokal. Seluas 3 hektare telah dibangun Intiland sebagai pengembangan tahap pertama.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:

https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia

atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia

mpi-update.com