Bangunan Tua Ga Perlu Dirobohkan, Bikin Aja Jadi Perpustakaan

Big Banner
Perpustakaan yang Didesain oleh Auburn University (Rumah123/Dezeen)

Sebuah bangunan tua dari awal era 1900-an berubah fungsi. Bangunan berusia lebih dari 100 tahun ini awalnya berupa kantor bank.

Namun, saat ini bangunan dari batu bata berukuran 65 meter persegi ini menjadi perpustakaan umum di Newbern, Alabama, Amerika Serikat. Kota ini hanya memiliki 200 penduduk saja.

Baca juga: Luar Biasa, Perpustakaan di Bandung Raih Penghargaan Arsitektur Kelas Dunia!

Perpustakaan Newbern ini menjadi proyek sosial. Para mahasiswa jurusan arsitektur Auburn University, Auburn, Alabama mengubah bangunan ini menjadi fasilitas publik.

Mereka yang terlibat adalah para mahasiswa dan mahasiswi arsitektur tingkat akhir. Para mahasiswa dan mahasiswi ini tergabung dalam Rural Studio, program yang didirikan oleh Samuel Mockbee pada 1993 untuk memberikan ide arsitektur bagi mereka yang kurang beruntung dan tinggal di pinggiran kota.

Baca juga: Wow, Perpustakaan di Bandung Ini Gunakan Material Ramah Lingkungan

Proyek ini terwujud setelah Rural Studio dihubungi oleh masyarakat setempat. Warga ingin ada perpustakaan baru.

“Dalam konteks pinggiran kota, arsitek memahami kalau perpustakaan bisa menjadi pusat sosial yang menyediakan sumber daya seperti program usai sekolah, akses komputer, dan pusat internet pertama bagi komunitas,” ujar Rural Studio kepada situs arsitektur dan desain Dezeen.

Baca juga: Yuk, Manfaatkan Selasar Sebagai Perpustakaan Kecil

Bangunan tua yang awalnya bank ini kemudian disulap menjadi perpustakaan. Keluarga pemilik bangunan menyumbangkannya untuk proyek ini.

Rural Studio mengubah warna cat eksterior menjadi putih dan mempertahankan batu bata ekspos. Sementara pada bagian interior, arsitek menambahkan lemari buku dari depan hingga belakang bangunan. Ada bagian untuk membaca dan juga belajar.

Baca juga: Mau Lihat Rumah Mungil Plus Perpustakaan untuk Kaum Urban?

Beberapa bagian bangunan masih dipertahankan seperti lantai kayu dan salah satu pintu. Pintu jadul ini dipasang menghiasi dinding.

Kalau di luar negeri, bangunan lama biasanya dialihfungsikan dan tidak dirobohkan. Bangunan lama masih dapat direvitalisasi lho.

Baca juga: Perpustakaan Ini Didesain Seperti Mata yang Besar, Pinjam Buku Di Sini Yuk!

Nah, ini bedanya dengan di Indonesia. Banyak bangunan lama malah dirobohkan dan digantikan dengan bangunan baru.

Perpustakaan yang Didesain oleh Auburn University (Rumah123/Dezeen)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me