Tahun 2018 Bank Penyalur KPR Bersubsidi Lebih Banyak

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) adalah unit di bawah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) yang menyalurkan dan mengelola dana investasi pemerintah untuk pembiayaan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) melalui KPR bersubsidi dengn skim fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP).

Ilustrasi

dok. housing-estate.com

Untuk memperluas jangkauan penyaluran FLPP, PPDPP kembali meneken perjanjian kerja sama dengan perbankan dan lembaga pembiayaan. Untuk tahun 2018 mendatang akan ada 40 bank pelaksana yang berkomitmen menyalurkan KPR FLPP. Komitmen diteken di kantor Kemenpupera di Jakarta, Kamis (21/12/2017) dengan Dirjen Pembiayaan Perumahan Kemenpupera Lana Winayanti disaksikan Menpupera Basuki Hadimuljono dan Direktur Utama PPDPP Budi Hartono.

Anggaran subsidi KPR dengn skim FLPP tahun 2018 yang sudah pasti dialokasikan Rp4,5 triliun untuk 42 ribu rumah. Dari 40 bank itu, enam bank nasional dan 34 bank pembangunan daerah (BPD). Yaitu, Bank Arta Graha, BRI, BNI, Mandiri, BTPN, Mayora, Bank Sumut, Bank Riau Kepri, Bank Nagari, Bank Jambi, Bank Sumselbabel, Bank BJB, Bank DKI, Bank Jateng, Bank BPD DIY, Bank Jatim, Bank NTB, Bank NTT, Bank Bali, Bank Kaltimtara, Bank Kalbar, Bank Kalsel, Bank Kalteng, Bank SulutGo, Bank Sulteng, Bank Sultra, Bank Sulselbar, Bank Papua, Bank BRI Syariah, Bank Syarian Mandiri, Bank Aceh, Bank Sumut Syariah, Bank Jambi Syariah, Bank Sumselbabel Syariah, Bank BJB Syariah, Bank Jateng Syariah, Bank Jatim Syariah, Bank Kaltimtara Syariah, Bank Kalsel Syariah, dan Bank Sulselbar Syariah.

Selama ini walaupun banyak bank yang meneken nota kesepahaman (MoU) menyalurkan KPR bersubsidi, yang merealisasikan praktis hanya Bank BTN (mencapai lebih dari 95 persen penyaluran). Hal itu diakui Lana.

“Dengan kerja sama ini diharapkan bank penyalur KPR bersubsidi lebih banyak dan masyarakat di seluruh Indonesia lebih mudah mengaksesnya. Tentu kita harus sabar karena bank-bank dan BPD ini juga harus terus menyempurnakan sistemnya,” kata Lana.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me