Tahun Depan, Adhi Karya Mulai Tawarkan Properti Berbasis TOD

Big Banner

Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT) di Kawasan Rasuna Said, Jakarta. Foto: Rumah123/Dharma Wijayanto

  

PT Adhi Karya (Persero) Tbk menargetkan penjualan properti berbasis Transit Oriented Development (TOD) yang terintegrasi stasiun Light Rail Transit (LRT) Jabodebek pada tahun depan. Direktur Operasional II Adhi Karya, Budi Saddewa Soediro, mengatakan, Adhi Karya akan membangun sejumlah TOD lagi tahun depan, setelah membangun 5 TOD tahun ini, di antaranya di Cibubur dan Cawang.

“Yang sudah kami eksekusi di Bekasi Timur, Jati Cempaka, kemudian Ciracas, sebentar lagi Cikunir 2. Kemudian, sedang proses izin ada di Cikunir 1. Semua dekat stasiun LRT, terhubung dengan stasiun LRT,” kata Budi seperti dikutip finance.detik.com, Rabu (20/12/2017).

 

Baca juga: Proyek Underpass Hingga LRT, Solusi Atasi Kemacetan Jakarta

 

Progres pembangunan TOD di masing-masing titik tercatat baru sekitar 10-20%. Progres yang paling baik di TOD Bekasi, sudah mencapai 30%.

 

Adapun 4 kawasan TOD yang mulai dikembangkan tersebut yakni LRT City Bekasi Timur-Eastern Green seluas 16,9 hektare, Jaticempaka-Gateway Park 5,9 hektare, Ciracas-Urban Signature 11,5 hektare, dan LRT City Royal Sentul 14,8 hektare.

 

Di Gateway Park, Adhi Karya akan membangun 7 tower apartemen dengan total unit sebanyak 5.788, mal 4 lantai, dan 20 unit ruko. Proyek seluas 5,9 hektare ini akan dikembangkan hingga 2025 dengan total investasi Rp 1,9 triliun.

 

Baca juga: LRT City, Hunian Terpadu Terakses Transportasi Massal yang Ngirit 70% Waktumu

 

Pada tahap pertama, Adhi Karya akan memasarkan ruko dan dua menara apartemen dengan nama Tower Accordion dan Tower Bandoneon pada Juli 2018.

 

Di Royal Sentul Park, Adhi Karya meluncurkan satu menara apartemen dengan kapasitas 1.637 unit pada Mei lalu. Proyek ini akan diisi dengan 12 menara yang mencakup hunian, komersial hingga perkantoran. Sedangkan di Easter Green Bekasi telah diluncurkan dua menara sejak akhir tahun lalu sebanyak 632 unit.

 

Tahun depan, departemen TOD & Hotel Adhi akan meluncurkan dua TOD LRT City lagi, yaitu di Cibubur dan Cawang. Selain itu, Adhi Karya terus melanjutkan pengembangan di 4 TOD yang sudah diluncurkan.

 

Baca juga: Juni 2017, Pembangunan 4 Stasiun LRT Jabodebek pun Dimulailah!

 

“Cibubur lahannya sudah ada, sementara di Cawang sekarang lagi proses pembebasan lahan yang ditargetkan bisa sampai 4.000 meter persegi,” kata Budi.

 

Untuk selanjutnya, Adhi Karya akan mengembangkan proyek TOD di 17 stasiun LRT Jabodetabek yang saat i i sedang dibangun. Total land bank yang sudah dimiliki Adhi Karya saat ini mencapai 50 hektare.

 

 

 

 

rumah123.com