Rancang Liburan Akhir Tahun yang Ga Bikin Kantong Jebol, Yuk!

Big Banner
Taman bermain anak di Sky House BSD+ Tangerang, Banten. Foto: Rumah123/Dharma Wijayanto

  

Liburan akhir tahun, siapa yang tak ingin? Meskipun kamu sedang getol menabung, ga berarti ga bisa liburan lho! Selama kamu bisa memilih hal-hal yang biayanya minim alias irit, maka bisa saja kamu pergi liburan dengan bujet minimalis.Kuncinya pada pintar memilih transportasi murah, begitu pula untuk tempat penginapan, akomodasi, dan makanan. Cari yang harganya pas di kantongmu. Tips berikut ini mungkin bisa kamu simak.

Baca juga: Liburan Akhir Tahun VS Beli Rumah, Kamu pilih yang Mana?

Gunakan Kereta Api

Pada akhir tahun semua moda transportasi biasanya tarifnya lebih mahal. Namun, untuk kereta api biasanya kenaikannya tak seberapa. Tambahan naik kereta api tak terkendala kemacetan. Makanya tiket kereta api banyak diincar banyak orang. Bahkan sejak jauh-jauh hari keberangkatan. Agar ga kehabisan tiket, sebaiknya kamu memesannya sekitar 3 bulan sebelum jadwal keberangkatan.Tarif kereta api  kurang lebih sekitar Rp70-500 ribu.

Sewa Homestay

Hotel pastinya tarifnya lebih mahal dari homestay.Kalau kamu pengen liburan yang irit lebih baik pilih penginapan homestay. Tak perlu khawatir, saat ini sudah banyak homestay yang fasilitasnya oke meskipun tarifnya murah. Namanya juga liburan, masak kamu akan berdiam di kamar saja? Jadi, untuk apa sewa hotel mahal kalau kamu hanya gunakan untuk tidur saja? Jadi, ga penting juga kamarnya, yang penting jalan-jalannya, bukan? Tarif homestay bervariasi, ada yang menyewakan 1 kamar muat ber-4 hanya Rp100.000 per malam. 

Baca juga: Bikin Suasana Rumah Serasa Destinasi Liburan Tuh Ga Susah Lho!

Tranportasi Selama di Tempat LiburanKalau kamu pergi liburan berombongan, minimal 4 orang, kamu bisa menyewa mobil  yang biasanya banyak disewakan di tempat liburan. Ada yang sudah termasuk biaya bensin, sopir, dan rental mobil. Ada juga yang hanya biaya sopir dan rental, atau hanya rentalnya saja. Kamu bisa bayar saweran dengan sesama anggota rombongan. Tarif sewa mobil paling rendah biasanya Rp200 ribu per hari. 

Baca juga: Liburan Boleh Ga Bayarnya Nyicil? Kalau Beli Hunian Jelas Boleh Dong!

 

Pilih Tempat wisata yang Murah Meriah

Saat peak season liburan, tempat-tempat wisata biasanya panen harga. Namun, tak perlu khawatir, kamu bisa survei harga dulu ke tempat-tempat wisata yang akan kamu kunjungi. Kamu bisa memilih tempat wisata dengan biaya yang minim. Misalnya, pantai biasanya biaya masuknya tak terlalu besar dibandingkan dengan ke Ddunia Fantasi. Atau kamu bisa mengunjungi wisata terbuka seperti ke tebing atau air terjun, yang tidak mematok biaya besar untuk masuk.

Makan

Tak perlu membeli makanan di café ataupun restoran. Kamu bisa membeli makanan di pinggir jalan atau di warung-warung yang bersih dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan makan di café maupun restoran.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me