Apartemen Ini Hanya Menerima Pembayaran Bitcoin, Wah Mata Uang Apaan Tuh?

Big Banner
Ilustrasi Bitcoin (Rumah123/Curbed)

Sebuah apartemen yang berada di Miami, negara bagian Florida, Amerika Serikat dijual. Kalau ini sudah tentu hal yang biasa. Yang tidak biasa adalah mata uang yang dibayarkan.

Apartemen ini berada di Platinum Condominium, Edgewater. Gedung pencakar langit ini memiliki 22 lantai dan 119 unit apartemen. Pembangunan apartemen ini diselesaikan pada 2007.

Baca juga: Bosan Bekerja, Mau Pensiun Dini? Sudah Investasi Properti Belum?

Apartemen ini memiliki satu kamar tidur, 1,5 kamar mandi, dapur bergaya Eropa, dan lantai kayu. Penghuni apartemen ini dapat menikmati pemandangan indah Biscayne Bay.

Pemilik apartemen ini adalah Ciro Fodere. Dia adalah seorang pianis dan founder Notegarden, sebuah laman yang memudahkan musisi mencari kompetisi.

Baca juga: Kenaikan Harga Rumah Sudah Dua Digit! Kamu Sudah Investasi Rumah, Belum?

Fodere membeli apartemen ini pada 2016 dengan harga 315.000 dollar AS (Rp4,2 miliar). Dia menjualnya pada tahun ini dengan harga 33 bitcoin! Harga ini setara dengan 550.000 dollar AS (Rp7,4 miliar).

Menurut agen properti United Realty Group yang memasarkan hunian ini, apartemen ini sebenarnya juga disewakan dengan harga 2.300 dollar AS (Rp31 juta) per bulan. Orang bisa membeli atau pun menyewa.

Baca juga: Bisa Beli Rumah Tuh Simbol Kesuksesan Lho, Yuk Investasi Properti

Balik lagi ke penjualan apartemen yang memakai mata uang Bitcoin. Agen properti menyatakan kalau penjual memang hanya mau menerima mata uang Bitcoin dan tidak mau menerima pembayaran dengan mata uang lain.

Apa sih mata uang Bitcoin? Mata uang ini diperkenalkan oleh sekelompok orang tidak dikenal yang dipimpin oleh Satoshi Nakamoto pada 2009.

Baca juga: Investasi Lahan Parkir Lebih Tinggi dari Hunian, Mau Alih Profesi Jadi Tukang Parkir?

Bitcoin dianggap mata uang digital pertama di dunia. Pada Februari 2015, sudah ada 100.000 merchants dan vendor yang menerima pembayaran melalui Bitcoin.

University of Cambridge, Inggris melansir sebuah riset yang memperkirakan kalau pada 2017 ada 2,9 juta hingga 5,8 juta unique users yang menggunakan mata uang digital, kebanyakan dari mereka adalah pengguna Bitcoin.

Baca juga: Rumah Berdesain Aneh Ini Berharga Mahal Lho, Masih Menunda Investasi Properti?

Penjualan apartemen yang hanya menerima Bitcoin memang langka. Sebelumnya, ada beberapa apartemen yang dijual di Miami menerima pembayaran Bitcoin, tetapi mereka juga mau menerima mata uang lain.

Wah, boleh juga tuh. Mungkin kalau kamu mau menjual hunian kamu, apartemen atau rumah, kamu bisa saja menetapkan harga jualnya bukan dalam Rupiah, melainkan dalam Bitcoin. Mau coba juga?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me