Milenial Mau Investasi Gudang? Bisa Aja Kok, Asalkan….

Big Banner
Ilustrasi Warehouse (Rumah123/Realestate.com.au)

Kamu mau investasi properti apa? Rumah tapak, apartemen, ruko (rumah toko), rukan (rumah kantor), rumah kos, rumah petak, lahan parkir? Wah, banyak banget ya.

Kalau menyewakan rumah, apartemen, ruko, rukan, hingga memiliki rumah kost atau rumah petak sih biasanya sudah lazim kan? Nah, belakangan punya lahan parkir juga sering ditemui lho.

Baca juga: Milenial Mau Punya Rumah? Atur Pengeluaran dan Punya Tabungan!

Orang tua, om tante, teman, atau siapa pun yang kamu kenal pasti banyak yang berinvestasi properti seperti di atas, karena memang mudah. Malah banyak yang bilang kalau memiliki rumah kost atau rumah petak di Jakarta itu seperti “bisnis paling mudah”.

Kenapa bisa dibilang begitu? Karena kamu hanya perlu duduk manis di rumah maka para penyewa rumah kost dan rumah petak berdatangan. Kamu pun cuma perlu menagih uang sewa tiap bulan.

Baca juga: Milenial Mesti Tahu Kalau Kebutuhan Ada 3 Lho, Trus Properti Masuk Mana?

Nah, kalau investasi properti seperti di atas sudah biasa, ada nih investasi properti yang tidak biasa yaitu investasi gudang. Bisa nggak ya kalau generasi milenial berinvetasi pergudangan?

“Sebenarnya bisa tetapi warehouse dibandingkan residensial memang beda. Size beda, rent beda. Kalau apartemen bisa disewakan Rp13 juta untuk ukuran 100 meter persegi, kalau gudang 100 meter persegi, nggak bisa gitu,” ujar Senior Technical Advisor Savills, Lucy Rumantir kepada Rumah123 beberapa waktu lalu.

Baca juga: Punya Rumah Sendiri Penting Banget Lho Bagi Kesehatan Mental Milenial

Investasi gudang atau warehouse bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk milenial. Namun, investasi ini memang berbeda dibandingkan dengan investasi properti lainnya.

Untuk penghitungan biaya sewanya juga tidak mudah seperti sewa rumah, apartemen, rumah petak, atau kost. Menurut Lucy, kalkulasinya memang lebih rumit.

Baca juga: Kalau Milenial Mau Memaksa Menabung, Bisa Kok Punya Hunian

Selain itu, investasi gudang ini membutuhkan tanah yang luas dan dana yang besar. Namun, untuk investor pemula masih ada peluang lho.

“Bisa kalau player besar, kalau investor skala besar. Tanah harus besar. Investasi besar. Kalau distributor kecil ya bisa di ruko atau rumah,” ujar Lucy.

Baca juga: Milenial Mau Cari Hunian? Cari yang Dekat Kantor Aja, Bisa Hemat

Wah, masih ada peluang investasi kecil untuk gudang ya. Kalau ada perusahaan besar membutuhkan distributor kecil dan menengah, kamu bisa memanfaatkan rumah atau ruko.

Kan banyak tuh perusahaan ritel seperti makanan atau minuman yang tidak membutuhkan gudang berukuran besar. Rumah atau ruko pun cukup. Jadi kamu mau investasi pergudangan?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me