Lindungi Konsumen, Pengembang Akan Disertifikasi

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Kualitas pembangunan rumah bersubsidi yang selama dinilai kurang bagus akan segera dibenahi. Pemerintah rencananya  akan menerapkan sertifikasi untuk pengembang yang membangun rumah murah. Sertifikasi ini akan diterbitkan Ditjen Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera).

Menpupera Basuki Hadimuljono (tengah)

Menpupera Basuki Hadimuljono (tengah)

“Pengembang rumah murah nantinya akan teregistrasi di Kemenpupera dan bisa kita pantau kinerjanya. Ini juga supaya penyaluran bantuan atau subsidi perumahan dan penyaluran pembiayaan dari bank juga bisa lebih terpantau dan kualitasnya terjamin,” ujar Lana Winayanti, Dirjen Pembiayaan Perumahan Kemenpupera pada acara penandatanganan kerja sama dengan 40 bank penyalur fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) di Jakarta, awal pekan ini.

Menpupera Basuki Hadimuljono menjelaskan, selama ini banyak komplain terkait kualitas hunian untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Ada rumah yang sudah dibangun tapi tidak bisa dihuni, ada yang sudah akad kredit tapi belum dibangun, dan berbagai permasalahan lainnya.

“Dengan disertifikasi kita ingin memastikan pengembang yang membangun itu eligible. Bank juga bisa memilih menyalurkan pembiayaannya ke pengembang dengan melihat sertifikasinya, selain ikut memantau kualitas bangunan yang dihasilkan. Jadi, sertifikasi ini saya maksudkan untuk melindungi konsumen,” katanya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me