Philips Lighting dan Soci Mas Berkolaborasi untuk Pencahayaan Pintar

Big Banner
Philips Lighting Indonesia diwakili Rami Hajjar (kiri) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan SOCI MAS yang diwakili Darrell Tan (kanan). Foto: Rumah123/Philips Lighting Indonesia

 

Philips Lighting (Euronext: LIGHT), perusahaan bidang pencahayaan, pada Rabu (27/12/2017), menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan PT SOCI MAS, unit usaha di bawah Sinarmas Group, untuk proyek percontohan penerapan pencahayaan pintar di fasilitas produksi milik SOCI MAS di Sumatra Utara.

 

Acara penandatanganan berlangsung di lokasi pabrik SOCI MAS di Medan, Sumatera Utara. Country Leader Philips Lighting Indonesia, Rami Hajjar, dan Chief Operating Officer SOCI MAS, Darrell Tan, mewakili masing-masing perusahaan.

 

Dalam proyek percontohan ini, Philips Lighting akan memasang lampu dan sistem pencahayaan pintar berbasis LED di area SOCI MAS , yakni di pabrik, gudang, kantor, dan jalan, untuk kemudian dilakukan evaluasi besar penghematan energi yang dihasilkan oleh instalasi pencahayaan yang baru.

 

Baca juga: Philips Lighting Buka Pusat Inovasi Pencahayaan di Jakarta

 

“SOCI MAS merencanakan pabrik pintar (Smart Plant) di tahun 2020, salah satunya melalui implementasi pencahayaan pintar (Smart Lighting). Dengan mengganti lampu konvensional perusahaan menjadi LED, maka kami dapat menghemat energi secara signifikan, setara dengan pengurangan emisi gas sebesar 707 ton CO2, atau sama dengan menyelamatkan 59.000 pohon,” kata Darrel Tan seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Rumah123, Rabu (27/12/2017).

 

SOCI MAS selalu berusaha untuk berkontribusi dan membangun kesadaran karyawan terhadap pelestarian lingkungan sebagai bagian dari budaya perusahaan,” kata Darrel lagi.

 

“SOCI MAS telah menunjukkan komitmen luar biasa dalam memimpin inisiatif untuk menghemat lebih banyak energi dan meningkatkan kualitas dan kesinambungan operasional sehari-hari perusahaan,” kata Rami yang memahami kebutuhan SOCI MAS untuk mencapai visinya.

 

Baca juga: Philips Buka Toko di Pekanbaru, Pengunjung Bisa Beli dan Konsultasi Pencahayaan

 

Menurut Rami, inovasi lampu hemat energi Philips Lighting akan mengintegrasikan sistem pencahayaan LED pintar dengan teknologi Internet of Things (IoT), yang memungkinkan pengguna untuk mengawasi waktu aktual dari sistem manajeman pencahayaan dan energi, serta performanya secara jarak jauh.

 

“Dengan cara seperti itu, perusahaan dapat mengambil keputusan bisnis yang lebih pintar dan memperoleh keuntungan yang lebih besar,” kata Rami menambahkan.

 

Dalam proyek percontohan ini, Philips Lighting Indonesia akan menggunakan sistem pencahayaan nirkabel Green Manufacturing dan Green Warehouse untuk fasilitas pabrik. Sistem pencahayaan ini menggunakan luminer LED yang dapat diredupkan dalam tiga tipe dan dikendalikan secara nirkabel, sehingga memungkinkan perusahaan untuk menghemat 50% biaya listrik dibandingkan instalasi LED dengan output pencahayaan tetap yang tidak dikontrol.

 

Baca juga: Philips Hadirkan Penanak Nasi Berpanci Dalam Lima Lapis

 

Untuk ruang perkantoran, Philips Lighting Indonesia akan menggunakan Philips Dynalite, sebuah sistem pencahayaan berbasis internet kabel yang memampukan penyalaan, peredupan, danpengendalian suasana pencahayaan secara pintar.

 

Sistem ini memungkinkan pengendalian pencahayaan berdasarkan zona, juga integrasi dengan Sistem Manajemen Gedung, dan memampukan manajer dan pemilik fasilitas untuk mengelola dan memonitor seluruh sistem pencahayaan dengan menggunakan papan (dashboard) monitor EnvisionManager.

 

Sementara itu, sistem pencahayaan Philips CityTouch akan dipasang untuk pencahayaan luar ruang di fasilitas tersebut. Sistem ini memberikan kendali dan visibilitas penuh untuk penerangan jalan dari papan kendali sentral, memungkinkan manajer fasilitas untuk memonitor titik pencahayaan secara aman, menetapkan jadwal dan mengatur tingkat pencahayaan sesuai kebutuhan. Enkripsi data danautentikasi dua lapis memastikan perangkat lunak untuk memenuhi standar keamanan yang paling ketat.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me