10 Transaksi Rumah dengan Harga Edan Tahun 2017

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Tahun ini adalah tahun aneh bagi bisnis realestat, terutama untuk pasar kelas mewah. Di beberapa wilayah meski terhitung sedikit, ada transaksi penjualan yang memecahkan rekor. Banyak orang melihat, itu hanya terjadi pada mereka yang betul-betul tajir alias superkaya.

Bloomberg menyatakan kalau tahun 2017 adalah tahun di mana properti berharga miliaran dolar beralih tangan. Tapi, sesuai karakter pasarnya yang terbatas, hanya sedikit dari transaksi itu yang tercatat.

Berikut ini adalah beberapa transaksi realestat tahun ini di dunia yang cukup menarik. Beberapa di antaranya merepresentasikan transaksi tertinggi di mana properti itu berada, sementara yang lain sebagai penanda tren. Satu dua dari transaksi melibatkan pesohor.

1. The Girasol Estate di St. Barth

(Foto: Pierre CARREAU)

(Foto: Pierre CARREAU)

Ini rumah tetirah yang berdiri di atas lahan 2,83 ha, memiliki dua vila dan 160 meter pantai privat. Berlokasi di Saint Barthélemy yang lebih akrab disebut Saint Barth, salah satu pulau kecil di Karibia. Rumah ini terjual seharga 67 juta dolar AS (USD) atau Rp957 miliaran.

Transaksi rumah ini menjadi yang terbesar di wilayah Karibia dan terjadi setelah peristiwa badai Irma yang menghancurkan bagian lain di pulau itu. Hal itu menunjukkan, industri realestat di surga wisata ini tetap booming dan sudah menjadi rumah kedua bagi sejumlah warga superkaya dunia. (Dijual oleh Sibarth Real Estate yang berafiliasi dengan Christie’s International Real Estate).

2. Penthouse di Monte Carlo, Monaco

(Sumber: Christie's International Real Estate)

(Sumber: Christie’s International Real Estate)

Penthouse tiga lantai ini berukuran lebih dari 465 m2, berlokasi di Golden Square, kawasan paling elit di Monte Carlo, Monaco. Mencakup enam kamar yang masing-masing punya kamar mandi khusus dan berpemandangan lepas ke Laut Mediterania. Monaco adalah surga bagi banyak warga superkaya dunia untuk menyimpan uangnya. Sebab itu properti di sini selalu ditawar dengan harga tinggi. Sejatinya banyak properti lain yang juga ditawarkan seharga USD100 juta, tapi pada tahun ini apartemen ini menjadi salah satu pemuncak transaksi dengan nilai USD61 juta atau sekitar Rp871 miliar. (Dijual oleh Hammer Draff Great Properties yang terafiliasi dengan Christie’s International Real Estate)

3. The Elaine Estate, Sydney, Australia

Sumber: Christie's International Real Estate

Sumber: Christie’s International Real Estate

Rumah tua ini sudah berusia 154 tahun, lokasinya di Point Piper, pinggiran kota Sydney, Australia. Sudah dimiliki secara turun temurun oleh sebuah keluarga kaya selama 126 tahun, tahun 2017 beralih tangan kepada seorang jutawan di sektor teknologi di Australia yang berusia 30-an tahun. Rumah dilengkapi lapangan tenis berumput, kolam renang dan bentangan lansekap seluas hampir 7 hektare. Terjual lebih dari USD54 juta atau sekitar Rp771 miliar, ini menjadi transaksi tertinggi se-Australia tahun ini. (Dijual Ken Jacobs yang terafiliasi dengan Christie’s International Real Estate).

4. Penthouse di 15 Central Park West, New York, AS

(Foto: Evan Joseph Images)

(Foto: Evan Joseph Images)

Apartemen ini berada di lantai 40 gedung Robert AM Stern dengan luas 492 m2, merangkum empat kamar tidur dan lima kamar mandi, plus sebuah powder room. Dilengkapi beberapa fasilitas khas rumah-rumah warga superkaya, sebuah perpustakaan dan ruang makan formal. Salah satu kelebihahnya adalah pemandangan lepas ke arah pusat bisnis New York dan Central Park.  Pemiliknya pertama kali menawarkan harga USD59 juta. Namun seperti penawaran sejumlah apartemen di lokasi ini yang kerap jauh melebihi harga pasar yang realistis, akhirnya apartemen mewah ini dilepas seharga USD50,55 juta atau sekitar Rp722 miliar. (Dijual oleh Douglas Elliman Real Estate)

5. Rumah di Beverly Hills, Los Angeles, AS

Sumber: Christie's International Real Estate

Sumber: Christie’s International Real Estate

Dipasarkan dalam kondisi siap huni, rumah ini memiliki enam kamar dan tujuh kamar mandi. Berlokasi di daerah elit Beverly Hills, rumah berdiri di atas kaveling seluas 1.287 m2 dan hampir semua sudut memiliki pemandangan ke arah pusat kota Los Angeles. Fasilitasnya antara lain ruang menonton film berkapasitas 22 orang, juga kolam renang berkonsep infinity dan ruang musik, serta berhias lukisan karya Andy Warhol. Pemasarnya cukup cerdas mengemas listing-nya, sehingga meski cukup banyak realestat setara di sini, rumah ini bisa laris seharga USD45 juta atau sekitar Rp642 miliar. Lepas dari cara mengemasnya, transaksi ini memperlihatkan pasar realestat di daerah elite ini tak kenal kata mati. (Penjualnya Hilton & Hyland, terafiliasi dengan Christie’s International Real Estate)

6. Mansion di Pasific Heights, San Francisco, AS

(Foto: Jacob Elliott)

(Foto: Jacob Elliott)

Rumah ini berdiri di lahan seluas 1.000 m2 lebih, memiliki tujuh kamar, delapan kamar mandi dan sebuah powder room, dilengkapi dengan elevator dan dua wine rooms. Tidak saja ukurannya yang luas, rumah yang baru jadi ini juga berada di daerah elit San Francisco (SF), Pacific Heights, yang menjadi lokasi rumah para jutawan dan pesohor. Terjual lebih dari USD35 juta oleh agen Thomas Biss dari Sotheby’s International Real Estate, transaksi ini adalah yang tertinggi sepanjang sejarah penjualan rumah di SF.

7. Ranch di Santa Ynez Valley, California, AS

Foto: Bill Dewey

Foto: Bill Dewey

Diberi nama Rancho Sanja Cota, tanah pertanian dan peternakan seluas 494 ha ini berlokasi di Santa Ynez Valley, sebelah utara Santa Barbara, California. Agen pemasarnya Suzanne Perkins dari Sotheby’s International Realty tak menyebut siapa pembelinya. Tapi, tercatat terjual dengan harga USD34,25 juta atau sekitar Rp489 miliar kepada salah satu orang superkaya yang akan menjadikannya equestrian estate mewah. Transaksi itu disebut-sebut yang tertinggi se-Santa Barbara sejak tahun 2008.

8. Rumah Tepi Pantai di Hamptons, AS

Foto: Jake Rajs

Foto: Jake Rajs

Berlokasi di Gin Lane, Southampton, sebelah selatan Long Island, New York, rumah ini hanya berjarak 60 meter dari bibir pantai itu. Rumah didesain dengan konsep rumah pantai. Kavelingnya seluas 1 ha dengan bangunan 232 m2, dengan fasilitas antara lain kolam renang, lapangan tenis dan gazebo. Terjual seharga USD31 juta atau sekitar Rp443 miliar oleh agen pemasar Beate Moore dari Sotheby’s International Realty, transaksi ini adalah yang tertinggi di Hamptons pada tahun ini.

9. Sabine Farm, Greenwich, Connecticut, AS

(Sumber: Sotheby's International Realty)

(Sumber: Sotheby’s International Realty)

Rumah bergaya kastil berbahan batu alam ini berukuran 1.137 m2 di lahan seluas hampir 8 ha. Lokasinya di Greenwich, Connecticut, memiliki delapan kamar tidur, dilengkapi kolam renang dan sebuah rumah khusus tamu. Penawarannya USD31,5 juta namun terjual seharga USD25 juta atau sekitar Rp357 miliar dan menjadi transaksi tertinggi seantero Connecticut. Pemasarnya dari Sotheby’s International Realty dan pemilik baru rumah ini adalah Stanley Druckenmiller, salah satu investor terbesar abad ini yang salah satu investasi terbesarnya di 2017 adalah ke Alibaba.

10. Rumah Celine Dion di Jupiter Island, Florida, AS

Foto: Alexandre Parent

Foto: Alexandre Parent

Rumah mewah ini milik penyanyi internasional Celine Dion, berlokasi di Jupiter Island, Florida. Rumah seluas 929 m2 ini merangkum 13 kamar tidur dengan fasilitas tiga kolam renang yang dilengkapi seluncur, beach house, lapangan tenis dalam ruang dan rumah tamu. Pemasarnya Sotheby’s International Realty dan laku seharga USD28 juta atau sekitar Rp 400 miliar dan disebut-sebut transaksi tertinggi tahun 2017 di wilayah tersebut.

 

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me