Kalau Politik Lancar, Properti Bisa Booming Tahun 2019

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Tahun 2017 segera berlalu dan berganti menjadi tahun 2018. Industri properti yang masih menunjukan pelemahan sesungguhnya telah menunjukkan titik balik sejak kuartal ketiga 2016.

Ilustrasi

Ilustrasi

Menurut Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda, tren pasar terus menunjukan pergerakan positif kendati masih tipis dan landai. “Menurut survei kami, pada kuartal pertama 2017 sudah ada peningkatan sebesar 5,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2016 yang anjlok 24 persen. Pergeseran pasar terjadi pada segmen menengah atas ke segmen menengah bawah yang menyebabkan posisi penjualan di segmen menengah bawah mendominasi sebesar 59,17 persen,” katanya sebagaimana dikutip dari website resmi IPW, Kamis (28/12).

Selanjutnya untuk segmen menengah porsinya 34,66 persen dan segmen atas 6,17 persen. Ali menerangkan, pergerakan segmen menengah atas relatif lambat karena sangat terkait dengan beberapa hal. Properti di segmen ini terindikasi over value karena kenaikan yang tinggi pada periode 2010-2012. Harga yang tinggi pada segmen ini juga terus terkoreksi di pasaran.

Segmen atas juga sangat sensitif terhadap berbagai isu seperti isu keamanan dan politik yang membuat mereka ragu melakukan transaksi. Keraguan ini terlihat dari masih banyaknya dana yang mengendap hasil tax amnesty, bahkan dana itu di sebuah bank yang mencapai Rp57 triliun disebut belum bergerak ke sektor riil seperti properti.

Secara umum tahun 2017 pasar properti sudah lebih siap untuk bangkit, dan itu terbukti dengan para pengembang mulai berani meluncurkan proyek baru. Periode tahun ini juga terlihat seluruh segmen mulai dari bawah hingga atas terlihat lebih bergairah dan terus menunjukan tren peningkatan.

“Berdasarkan fakta-fakta itu, kami meyakini sektor properti masih akan terus bergerak naik bahkan bisa booming tahun 2019. Terkait tahun politik, pilkada dan pilpres sifatnya hanya sementara. Kalau kita asumsikan peristiwa politik rutin ini lancar, properti pasti akan bisa melaju kencang (tahun 2019-2020),” jelasnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me