Kaleidoskop Properti 2017, Dari Tol Becakayu Hingga Tol-Tol yang Lainnya

Big Banner
Jalan penghubung Tol Tanjung Priok. Foto: Rumah123/PUPR

  

Tahun ini yang juga menjadi catatan penting bagi dunia properti adalah beroperasinya sejumlah jalan tol. Untuk mobilitas Bekasi-Jakarta, mulai Jumat (3/11/2017) kita bisa menikmati jalan Tol Becakayu (Bekasi-Cawang-Kampung Melayu). Bila sebelumnya dari Bekasi ke Jakarta menelan waktu 2 jam, berkat Tol Becakayu ini dipangkas 1,5 jam, sehingga hanya butuh waktu setengah jam saja. Tol ini diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (3/11/2017) pagi.

 

Tol yang dioperasikan oleh PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM) ini ada dua seksi, yaitu Seksi I: Kasablanka-Jakasampurna sepanjang 11,9 kilometer dan Seksi II: Jakasampurna-Duren Jaya sepanjang 10,04 kilometer. Namun, ruas tol yang diresmikan Presiden Jokowi yakni Seksi 1B dan 1C sepanjang 8,26 kilometer yakni Cipinang Melayu-Pangkalan Jati-Jakasampurna.

 

Baca juga: Mulai Hari Ini Hingga 2 Minggu ke Depan, Tol Becakayu Gratis Lho, Coba Yuk!

 

Seksi yang baru saja diresmikan tersebut merupakan sebagian dari total Seksi I yang panjangnya 11,9 kilometer. Sementara pembangunan lainnya menyisakan Seksi ll A sepanjang 4,1 kilometer dan Seksi II B 7,8 kilometer. Diprediksi seluruh jalan Tol Becakayu yang total panjangnya 16,5 kilometer ini rampung pada Juli 2018.

 

Adanya Tol yang berivestasi total Rp7,2 triliun ini akan memperkuat struktur wilayah dan melengkapi sistem jaringan jalan tol di kawasan Jabodetabek. Selain itu, Tol Becakayu juga akan meningkatkan kelancaran lalu lintas kendaraan logistik melalui jalan Tol Cikampek menuju Cikarang, Karawang, Purwakarta, dan Bandung.

 

Kehadiran Tol Becakayu tentunya akan menggairahkan sektor infrastruktur lainnya di wilayah Bekasi. Pendek kata, meningkatkan pamor properti di Bekasi. Tol ini jadi daya tarik sendiri bagi kamu yang sehari-hari bekerja atau beraktivitas di Jakarta. Makanya, ada pengamat properti yang mengatakan, Tol Becakayu akan mendongkrak harga properti di Bekasi.

 

Baca juga: Mulai Hari Ini, Jangan Lupa Tambahin Duit Buat Masuk Tol Ya!

 

Sebelum Tol Becakayu diresmikan, yang juga menjadi catatan penting 2017 adalah beroperasinya Jalan Tol Tanjung Priok. Akses Jalan Tol Tanjung Priok sepanjang 392 Km telah diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Sabtu (15/4/2017). Usai peresmian, PT Jasa Marga dan Cipta Marga Nusaphala Persada (CMNP) sepakat membebaskan biaya tarif tol ini selama sebulan.

 

Jalan Tol Akses Tanjung Priok terdiri atas 5 seksi, yakni Seksi E-1 Rorotan-Cilincing (3,4 Km), E-2 Cilincing-Jampea (2,74 Km), E-2A Cilincing-Simpang Jampea (1,92 Km), NS Link Yos Sudarso-Simpang Jampea (2,24 Km), dan NS Direct Ramp (1,1 Km).

 

Selain jalan tol dalam kota, pemerintah juga membangun tol-tol lainnya di seluruh Indonesia. Sebut saja Jalan Tol Gempol-Pasuruan. Mulai dibangun pada 2012, Jalan Tol Gempol–Pasuruan diharapkan bisa mempersingkat waktu tempuh masyarakat dan dapat membantu menghindari kemacetan yang biasanya terjadi pada jalan nasional Surabaya-Pasuruan.

rumah123.com