Waduh, Biaya Pembangunan Gedung ini Rp203 Triliun! Bisa Bangun Apa Tuh di Indonesia?

Big Banner
Abraj Al Bait Towers (Rumah123/Global Security)

Buat kamu, umat Muslim yang pernah menunaikan ibadah umroh atau haji, kamu pasti pernah melihat bangunan ini. Kayaknya, nggak mungkin deh kalau kamu tidak melihatnya.

Bangunan ini bernama Abraj Al Bait Towers, Mekkah, Arab Saudi. Kompleks mixed use ini berada di samping Masjidil Haram, Mekkah. Dalam mesjid terbesar di dunia ini, ada Ka’bah yang menjadi kiblat shalat umat Islam.

Baca juga: Katanya Ini Rumah Termahal di Dunia, Harganya Rp5,5 Triliun!

Abraj Al Bait Towers merupakan kompleks dari tujuh bangunan yaitu Makkah Royal Clock Tower, Hajar, ZamZam, Safa, Marwah, Al Maqam, dan Qibla. Jam yang terpasang pada Makkah Royal Clock Tower merupakan yang terbesar di dunia.

Kawasan mixed use ini terdiri dari hotel dan apartemen. Abraj Al Bait Towers didesain oleh biro arsitek Dar Al Handasah yang berkantor pusat di Beirut, Lebanon.

Baca juga: Apartemen Ini Termahal di Asia Lho, Mau Tahu Ada di Mana?

Biaya pengerjaan proyek Abraj Al Bait Towers menelan biaya hingga US 15 miliar dollar (Rp203 triliun)! Bangunan ini dianggap bangunan dengan biaya konstruksi termahal di dunia.

Pembangunan Abraj Al Bait Towers ini memakan waktu tujuh tahun. Konstruksi dimulai pada 2004 dan selesai pada 2011. Gedung ini dibuka untuk umum tidak lama setelah selesai.

Baca juga: Wah, Ini Dia Kawasan Termahal yang Dihuni Para Bos Perusahaan Internet

Kompleks ini menjadi bagian dari revitalisasi kawasan sekitar Masjidil Haram yang dilakukan oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Upaya ini dilaksanakan demi menampung jamaah haji dan umroh.

Wah, biaya membangun sebuah super blok mixed use seharga Rp203 triliun? Wah, kalau di Indonesia, kayaknya bisa bangun satu kota ya.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me