Wah, Taiwan Punya Gedung Pertunjukan Keren, Indonesia Kapan Nih?

Big Banner
Taipei Performing Arts Center yang Didesain oleh OMA (Rumah123/Dezeen)

Desain gedung pertunjukan ini sudah dirilis sejak 2009 silam. Sementara pembangunannya dimulai sejak 2012. Akhirnya, pada 2018 ini, Taipei Performing Arts Center akan dibuka.

Bangunan unik ini berada di ibu kota Taiwan, Taipei. Gedung pertunjukan ini sebenarnya berbentuk simpel dengan fasad kubus, namun bentuk bola pada salah satu sisi bangunan menjadi daya tarik lain bangunan ini.

Baca juga: Museum Perang yang Tersembunyi di Bawah Tanah

Biro arsitek asal Belanda, OMA (Office for Modern Architecture) mendesain Taipei Performing Arts Center ini. Arsitek senior asal Belanda, Rem Koolhaas mendirikan biro ini pada 1975. OMA mendesain sejumlah bangunan di Eropa, Timur Tengah, Asia Pasifik, dan lainnya.

Gedung pertunjukan ini memiliki tiga auditorium termasuk grand theatre dengan kapasitas 1.500 penonton dan dua ruang pertunjukan dengan kapasitas 800 tempat duduk. Ruang teater utama berpusat pada bagian kubah transparan.

Baca juga: Keindahan Museum Berbentuk Kapal di Antara Lanskap Pegunungan

OMA mendesain setiap auditorium memiliki fungsi masing-masing. Namun, semua ruang pertunjukan bisa berbagi ruangan bagian belakang panggung yang sama dan juga fasilitas yang sama.

“Pengaturan ini menjadikan panggung bisa dijadikan satu untuk penggunaan dan skenario yang mungkin tidak diduga. Desain menawarkan keunggulan kebebasan dalam membuat pertunjukan,” ujar founder OMA, Koolhaas seperti dikutip oleh laman arsitektur dan desain Dezeen.

Baca juga: Sebelum Jadi Museum Seni Kontemporer, Bangunan Ini Ternyata Lumbung Biji

Eksterior bangunan ini akan ditutup dengan material aluminium. Sementara bagian kubah akan ditutup dengan material kaca.

“Saat struktur bangunan selesai, Taipei Performing Arts Center akan memiliki keterkaitan dengan lingkungan sekitar dan terlihat lebih jelas. Gedung pertunjukan ini merespon stasiun MRT (mass rapid transit) dan pasar malam, memberikan energi untuk kehidupan informal bagi publik yang ada di sekitar bangunan ini,” ujar David Gianotten yang menjadi pemimpin pelaksana proyek.

Baca juga: Kalau Museumnya Keren Kayak Gini, Kamu Pasti Rajin Datang Berkunjung!

Taipei Performing Arts Center menjadi salah satu bangunan publik yang akan dibuka pada 2018 ini. Dezeen melansir kalau sejumlah gedung pertunjukan dan perpustakaan akan selesai pada tahun ini.

Wah, kalau Taiwan bisa punya gedung pertunjukan keren dan besar seperti ini, kira-kira Indonesia kapan punya ya?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me