Menabung untuk DP Hunian Itu Ga Perlu Nunggu Kaya Kok, Ingat Ya Para Milenial

Big Banner
Ilustrasi Milenial (Rumah123/Realestate.com.au)

Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. Pepatah ini pasti terasa jadul buat generasi milenial. Tapi jangan salah lho, kamu mesti camkan hal ini.

Kamu sudah mulai menabung down payment (DP) atau uang muka hunian? Kamu belum terpikir untuk mencicil beli rumah atau apartemen?

Baca juga: Milenial Mau Cari Hunian? Cari yang Dekat Kantor Aja, Bisa Hemat

Kamu memilih nunggu kaya dulu? Wah, jangan nunggu bola dong. Saatnya untuk jemput bola. Ini lebih kekinian.

Mungkin kamu punya kerabat atau teman yang gajinya gede, tapi malah nggak punya apa-apa? Gajinya habis untuk gaya hidup?

Baca juga: Milenial Mau Bisnis Co-Working Space? Ga Perlu Tempat Gede Kok

Sebaliknya, kamu punya sahabat atau keluarga yang gajinya biasa-biasa aja sih, tapi malah bisa investasi macam-macam. Nah, kok bisa ya?

“Kenapa orang boros karena nggak tau duitnya untuk apa. Nggak peduli berapa pemasukan. Belum tentu orang bergaji besar bisa nabung kok,” ujar perencana keuangan Kaukabus Syarqiah CFP kepada Rumah123.

Baca juga: Kalau Milenial Bisa Investasi Properti Seperti Ini Masuk Kelas Kakap Lho

Financial planner yang akrab disapa Kiki menekankan kalau bisa menabung itu bukan berdasarkan besaran gaji lho. Orang yang bergaji besar belum tentu bisa menabung. Malah bisa jadi orang yang bergaji kecil malah bisa menabung.

Ya, ini masalah kebiasaan saja kok. Kalau kamu bergaji Rp5 juta ya, jangan bergaya hidup Rp10 juta dong. Bukannya menabung di bank atau punya celengan, nanti malah menabung di mal.

Baca juga: Mau Jual Properti ke Milenial? Sales Properti Harus Pahami Perilaku Milenial

Buat kamu, generasi milenial yang baru mulai bekerja, mungkin gaji kamu baru Rp5 juta. Coba deh sisihkan 35 persennya atau Rp1,75 juta per bulan untuk mulai menabung DP.

Okelah, setahun kamu hanya bisa mengumpulkan Rp21 juta dari gaji. Tapi, kan kamu bisa menyisihkan Tunjangan Hari Raya (THR) dan juga bonus kalau ada? Kalau masih kurang juga, Kiki menyarankan untuk mengambil pekerjaan sampingan pada akhir pekan.

Baca juga: Milenial Ga Bisa Pisah dari Internet, Kok Sales Properti Belum Gunakan Digital Marketing?

Jadi siapa bilang kalau mau menabung DP hunian, kamu mesti nunggu kaya dulu. Kalau iya, wah keburu harga propertinya makin tidak terjangkau lho.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me