Kini Sidoarjo Juga Punya Superblok

Big Banner

HousingEstate.com, Jakarta – Tidak hanya Kota Surabaya, Jawa Timur, yang terus bersolek. Kabupaten Sidoarjo di perbatasan Surabaya juga terus membangun. Sejumlah proyek gedung tinggi baru terus bermunculan di kota udang seluas 634,4  km2 itu. Kendati tidak seriuh di Surabaya, penawarannya mudah ditemukan di pusat perbelanjaan di kawasan.

Superblok Safira City Urban (9,2 hektar) di Sidoarjo, Jawa Timur. (Foto: Dok. Skyscrapecity)

Superblok Safira City Urban (9,2 hektar) di Sidoarjo, Jawa Timur. (Foto: Dok. Skyscrapecity)

Dari pantauan housingestate.com, sedikitnya tiga proyek apartemen baru di kawasan penyangga Surabaya itu dipasarkan. Rerata apartemen dirilis setahun terakhir. Antara lain, Safira City Urban, SunCity Residence dan Amega Crown Residence.

Yang pertama adalah proyek paling baru sekaligus satu-satunya superblok yang dikembangkan di Sidoarjo. Chalidana Group, pengembangnya, merilisnya sehari menjelang tutup tahun 2017.

Lokasinya di tengah kota Sidoarjo, sekitar 2 km dari perumahan menengah atas Citra Garden (28 ha), di samping tol Surabaya-Sidoarjo. Persisnya di Jl Kavling DPR II, Pagerwojo, Buduran, Sidoarjo.

Di atas lahan seluas 9,2 ha rencananya dikembangkan trade mall, perkantoran, hotel, hall, selain sembilan menara apartemen. Dua minggu lalu mal TransMart Sidoarjo milik bos CT Group Chairul Tanjung yang juga menjadi bagian dari superblok sudah beroperasi.

“Ramai banget yang tanya (apartemen ini). Lokasinya bagus sih. Dekat kantor bupati, depannya alun-alun Sidoarjo, hanya 500 meter dari GOR Deltras. Kawasan sekitarnya sudah hidup, banyak kafe, bank, sekolahan, rumah sakit. Ke Transmart tinggal jalan kaki. Nanti juga akan dibangun Hotel Santika,” kata Sulaksono, salah satu staf pemasaran Safira City saat pameran di TransMart Carefour Sidoarjo, akhir Desember lalu.

Tahap pertama penjualan dibuka 100 unit di menara pertama setinggi 32 lantai. Tipenya studio, 2-3 kamar tidur (KT) ukuran 23-63 m2 seharga Rp8,6–9 jutaan/m2. Termurah Rp200 juta ukuran studio 23 m2.

“Tanda jadinya cuma Rp2 juta. Refundable. Sudah terpesan 55 unit. Kebanyakan yang minat orang Sidoarjo, Pasuruan dan Malang yang bekerja di Surabaya. Sebagian dari mereka ada yang masih ngontrak rumah di perumahan dengan harga sewa Rp2–5 juta per bulan,” papar Sulaksono.

Ia mengklaim apartemennya lebih prospektif dijadikan investasi ketimbang beli rumah di kawasan yang harganya sudah miliaran. “Paling murah di Citra Garden saja sudah Rp1,3 miliar tipe 66 m2, kamarnya dua. Di sini yang tiga kamar ndak sampai Rp700 juta,” tukasnya. Konstruksi apartemen ditargetkan dimulai Juni mendatang.

Sebelumnya Chalidana Group cukup agresif memasarkan sejumlah perumahan menengah di Sidoarjo, Surabaya dan Malang. Sebut saja, Puri Safira Regency  (100 ha) di barat Surabaya, Safira Gold Mansion (75 ha) di selatan Surabaya, Sun Safira Regency (7 ha) di Buduran, Sidoarjo, Safira Garden (18 ha) sekitar 3 menit dari exit tol Sidoarjo, Safira Juanda Resort (25 ha) 25 menit dari Bandara Juanda serta de Casablanca (20 ha), Safira Malang Apartment (4,5 ha/7 tower), Dusun Telaga Boutique (12 ha) dan Puri Emas Villa (25 ha) di Malang.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me