Tes Kesabaran Kamu di Empat Kawasan di Jakarta Ini

Big Banner
Suasana aktifitas pembangunan proyek Mass Rapid Transit (MRT), di tengah kemacetan kota Jakarta. FOTO: Rumah123/Jhony Hutapea.

Ada ungkapan, kalau tidak macet, bukan Jakarta namanya. Emang iya?

Yang pasti, memang ada beberapa kawasan di Jakarta begitu identik dengan kata macet. Pokoknya, kawasan-kawasan ini bisa disebut sebagai kawasan tes kesabaran deh! Di mana aja sih?

  1. Tanah Abang

Isu pedagang kaki lima yang memenuhi trotoar diyakini sebagai penyebab kemacetan parah di salah satu kawasan tersibuk di Jakarta ini. Sampai detik ini, Pemerintah Kota DKI Jakarta dan Pusat masih terus mencari solusi masalah ini.

Belakangan, Pemkot DKI Jakarta mengeluarkan kebijakan yang memperbolehkan pedagang kaki lima berjualan di sepanjang trotoar di Tanah Abang. Sementara untuk kendaraan umum dan pribadi, harus agak “minggir” mencari jalan yang bisa dilewati.

  1. Mall Kota Kasablanka

Tingginya tingkat kunjungan di Mal Kota Kasablanka ini memancing angkutan berhenti menunggu penumpang di depan mal. Belum lagi tak sedikit pengunjung yang membawa kendaran sendiri saat ngemol di sini.

Alhasil, kemacetan sudah pasti terjadi. Imbas kemacetannya pun cukup panjang. Pada jam-jam sibuk seperti pulang kantor, kemacetan bisa mencapai Jalan Prof. Dr. Satrio. Pertemua kendaraan yang baru turun dari JLNT yang tak jauh dari gerbang masuk Mal Kokas ini juga menambah ruwetnya lalu lintas.

  1. Stasiun Palmerah

Banyaknya angkutan umum dan ojek online yang menunggu penumpang di dekat pintu stasiun menjadi penyebab macetnya kawasan ini. Penertiban jadi kunci solusinya. Sebagai salah satu stasiun yang menghubungkan Kota Jakarta dengan kawasan penyangga Tangerang, Palmerah memiliki peran cukup penting.

Penumpang yang berlimpah, memancing ojek online berkerumun di dekat pintu keluar stasiun. Sayangnya, tak hanya mengambil penumpang, ojek online juga mencari peruntungan “Ngebid” di depan stasiun. Belum lagi angkutan umum lainnya, serta feeder Trans Jakarta.

  1. Kramat Jati

Kawasan yang sudah padat karena aktivitas Pasar Kramat Jati ini kian parah. Angkutan umum yang berhenti di sembarang tempat, dan banyaknya U turn memperparah kemacetan di kawasan ini. Nyaris tak ada waktu di mana kawasan ini menjadi lengang.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me