Ada 40 Bank Penyalur FLPP, Masih Mau Nunggu Tahun Baru Lagi?

Big Banner
Ilustrasi Rumah (Rumah123/iStockphoto)

Setelah sempat surut gaungnya, pemerintah kembali mendengungkan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) pada 2018 ini. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengalokasikan dana sebesar Rp4,5 triliun untuk pembiayaan rumah subsidi.

Untuk menyalurkan dana sebesar itu, Kementerian PUPR menggandeng 40 bank. Jadi, ga perlu bingung terpatok pada satu atau dua bank saja. Kamu bisa punya banyak pilihan tempat mengajukan KPR lewat FLPP.

Baca juga: Kenapa Gaya Hidup Berlebihan Bisa Gagalkan KPR?

Ada enam bank nasional yang mengucurkan FLPP. Adalah Bank Artha Graha, Bank BRI, Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BTPN, dan Bank Mayora. Sementara 34 bank lainnya adalah Bank Pembangunan Daerah (BPD), yaitu Bank Sumut, Bank Riau Kepri, Bank Nagari, Bank Jambi, Bank Sumselbabel, BJB, Bank DKI, Bank Jateng, BPD DIY, Bank Jatim, Bank NTB, Bank NTT, Bank Bali, Bank Kaltimtra.

Selain itu Bank Kalbar, Bank Kalsel, Bank Kalteng, Bank SulutGo, Bank Sulteng, Bank Sultra, Bank Sulserbar, Bank Papua, Bank BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri, Bank Aceh, Bank Sumut Syariah, Bank Jambi Syariah, Bank Sumselbar Syariah, Bank BJB Syariah, Bank Jateng Syariah, Bank Jatim Syariah, Bank Kaltimtra Syariah, Bank Kalsel Syariah, dan Bank Sulselbar Syariah.

Baca juga: Jangan Takut Ga Sanggup Bayar Cicilan KPR, Ada Solusinya Kok!

Direktur Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR Lana Winyanti mengatakan target BPD diperluas untuk memberikan kesempatan yang adil bagi perbankan. “Kami dorong BPD untuk memiliki kesempatan yang sama, agar tak tak terkonsentrasi di satu bank saja,” katanya lana beberapa waktu lalu.

Selain Kemen PUPR dengan dana sebesar Rp4,5 triliun, ada juga lembaga pemerintah lainnya yang menyatakan kesiapannya. PT Sarana Multigraha Finansial (SMF) yang juga merupakan lembaga keuangan non-bank milik pemerintah menyediakan dana sebesar Rp3 triliun.

Baca juga: Tahu Ga? Ternyata Subsidi KPR Bisa Dicabut Lho!

Dengan total Rp7,5 triliun, pada 2018, pemerintah menargetkan akan membiayai KPR setidaknya untuk 42.000 unit rumah. Nah, jangan ampe ganti tahun lagi, kamu tetep belum punya rumah!

rumah123.com