Hai Milenial, Siap-Siap DP 1% dan Bunga KPR Hanya 5%!

Big Banner
Ilustrasi Milenial (Rumah123/Realestate.com.au)

Milenial yang konon gajinya tidak kecil, tapi juga ga terlalu besar, bisa siap-siap mewujudkan impiannya untuk memiliki hunian sendiri. Cukup dengan uang muka (DP) 1 persen, kamu bisa mencicil hunian hanya dengan bunga kredit sebesar 5 persen. Yakin masih lebih pilih nge-kost atau hura-hura aja?

Gak percaya? Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan akan kembali menggulirkan program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Tidak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai Rp4,5 triliun.

Rumah murah kondisinya jelek? Jangan khawatir, pemerintah menjanjikan adanya pengawasan terhadap kualitas bangunan. “Ke depan saya ingin konsumen lebih dilindungi. Saya bertanggung jawab untuk melindungi konsumen apalagi KPR FLPP, karena ada uang rakyat di sana,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu.

Melalui KPR FLPP, masyarakat akan menikmati uang muka 1 persen, bunga tetap 5 persen selama masa kredit maksimal 20 tahun. Tenang, semua bebas PPn dan premi asuransi. Syaratnya, kamu mmeiliki gaji atau penghasilan pokok tidak melebihi Rp4 juta untuk Rumah Sejahtera Tapak, dan Rp7 juta untuk Rumah Sejahtera Susun.

Kementerian PUPR juga terus meningkatkan pelayanan dan pengawasan penyaluran KPR FLPP. Dirjen Pembiayaan Perumahan Lana Winayanti mengatakan, kementerian akan membuat sistem registrasi pengembang dan mulai diberlakukan pada awal Januari 2018.

“Nantinya lewat sistem itu hanya pengembang yang sudah terdaftar saja yang bisa membangun rumah FLPP,” kata Lana Winayanti.

Registrasi pengembang dilakukan dalam beberapa tahap yaitu pertama registrasi asosiasi dan pengembang. Tahap ini dilakukan pada Januari hingga Maret 2018. Tahap kedua Seleksi Asosiasi dan Pengembang yang berlangsung pada April hingga Juni 2018.

Sedang tahap ketiga meliputi tahap Sertifikasi Asosiasi dan Pengembang yang dilakukan pada Juli hingga Desember 2018. Dan tahap terakhir adalah reward dan punishment Asosiasi dan Pengembang yang dilakukan pada Desember 2018.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me