Tempat Berkebun Sekaligus Tempat Bersantai, Seperti Apa Sih?

Big Banner
Growmore yang Didesain oleh Husum & Lindholm Architects (Rumah123/Dezeen)

Gerakan gemar berkebun untuk orang perkotaan sudah lama dilakukan. Program ini mengajak orang untuk memanfaatkan tempat yang ada untuk menanam tumbuhan.

Kamu bisa memanfaatkan dinding, atap, atau tempat lain yang kosong. Nah, kamu mungkin pernah melihat ada taman atap di sebuah rumah.

Baca juga: Mempercantik Butik dengan Kehadiran Taman, Ga Ada Salahnya Dicoba

Atau mungkin kamu melihat sekeliling lingkungan rumah kamu dipenuhi oleh tanaman yang ditempatkan dalam pot kecil dan disusun rapi. Hal ini seperti ini sudah lazim dijumpai.

Biro arsitek Denmark, Husum & Lindholm Architects mendesain sesuatu yang berbeda dalam sistem berkebun urban yang bernama Growmore. Ide dasarnya sama yaitu masyarakat perkotaan bisa membuat kebun kecil dengan memanfaatkan pot kayu.

Baca juga: Taman Ini Terinspirasi dari Sawah, Wah Ga Percaya Kan?

Husum & Lindholm Architects mendesain beberapa komponen rak kayu untuk tanaman. Semuanya bisa dihubungkan dengan bagian tengah sehingga membentuk lingkaran.

Rak kayu ini dapat disusun sesuai keinginan. Struktur juga dapat diputar. Growmore pun dapat disesuaikan untuk beragam ruang.

Baca juga: Balkon Hijau Penuh Tanaman, Mau Bikin Juga Ga?

Tumbuhan yang ditanam pun bisa beragam dan menyesaikan kebutuhan. Kamu bisa menanam pohon sayuran, buah, atau tanaman hias.

Hal yang membedakan dengan sistem berkebun urban lainnya adalah Growmore bisa menjadi tempat bersantai. Asyik, kan kalau bangkunya penuh tanaman.

Baca juga: Percantik Mural Jadul dengan Tanaman dalam Pot, Wah Jadi Rame Deh

“Growmore adalah desain berkebun urban yang bisa meningkatkan kesadaran masyarakat lokal. Hanya membutuhkan beberapa elemen dan bisa dibangun di mana saja,” ujar Husum & Lindholm Architects kepada situs arsitektur dan desain Dezeen.

Husum & Lindholm Architects sempat mempresentasikan Growmore pada Seoul Biennale of Architecture dan Urbanism pada 2017 lalu.

Baca juga: Keberadaan Tanaman dalam Rumah Bikin Kamu Lebih Rileks, Masih Ga Percaya?

Hmm, kayaknya sistem Growmore ini harus banyak diaplikasikan di taman-taman, ruang publik, atau mana saja di Indonesia ya. Tentunya agar lingkungan semakin hijau dan masyarakat punya ruang publik yang asyik.

Growmore yang Didesain Husum & Lindholm Architects (Rumah123/Dezeen)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me