Google Bikin Kampus Baru Lagi

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Lebih dari pengembang mesin pencari di dunia maya, Google berkembang menjadi perusahaan berbasis internet untuk segala hal termasuk menciptakan wirausahawan baru dengan perusahaan rintisannya.

Kampus Google di Sunnyvale.(Foto: bjarke ingels group)

Kampus Google di Sunnyvale.(Foto: bjarke ingels group)

Untuk itu Google membentuk pusat-pusat komunitas di seluruh penjuru dunia sebagai tempat berkumpul untuk berbagi ilmu, pengetahuan dan ide. Pusat komunitas Google ini disebut kampus dan kini sudah ada di Tel Aviv (Israel), London (Inggris), Seoul (Korsel), Madrid (Spanyol), Warsawa (Polandia) dan Sao Paulo (Brazil).

Google masih akan punya dua kampus baru, semuanya berlokasi di California (AS). Yakni, di Charleston East dan Sunnyvale. Keduanya didesain biro arsitek ternama Bjarke Ingels Group (BIG) yang berbasis di di New York dan Coppenhagen yang juga perancang kampus Google di London.

Untuk kampus di Charleston East, BIG bekerja sama dengan Heatherwick Studio dan Hargreaves Jones Landscape Architecture (HJLA) sebagai desainer lansekapnya. Kampus berluas 5,5 ha itu sedang dalam tahap pengerjaan dan ditargetkan rampung tahun 2019.

Bangunannya didesain menyerupai kanopi besar yang menaungo gedung setinggi dua lantai. Kampus ini dilengkapi sejumlah ruang ritel yang akan diisi kafe dan toko-toko serta plaza yang bisa dimanfaatkan oleh publik, juga pedestrian dan jalur sepeda. Didesain dengan konsep hijau, selain  area luarnya dipenuhi dengan tanaman dan pohon berkonsep green loop, kampus juga dilengkapi pengolah air hujan menjadi air bersih, atapnya dipasangi panel surya yang bisa menghasilkan listrik berdaya 4 megawatt.

Lansekap kampus Google di Sunnyvale. (Foto: bjarke ingels group)

Lansekap kampus Google di Sunnyvale. (Foto: bjarke ingels group)

Untuk yang terbaru, BIG baru merilis desainnya awal tahun ini. Ukuran kampus Sunnyvale hampir dua kali lipat kampus Charleston, yakni 9,3 ha dan bisa menampung 4.500 personil. Berlokasi di Moffet Park, Caribbean Drive, tidak jauh dari Googleplex atawa markas besar Google di Mountain View, kampus ini didesain menyerupai dua bukit kembar yang dipisahkan oleh danau panjang.

Seperti juga kampus Charleston yang unik, desain kampus Sunnyvale juga “nyeni”. Gedungnya dibuat dengan konsep terasering dengan lansekap berbentuk zig zag yang menerus dari lantai dasar hingga ke atap.

Sirkulasi kampus juga menekankan pada aktivitas berjalan kaki atau bersepeda. Dirancang dengan konsep hijau, yang antara lain dalam penataan lansekapnya dirancang minim penyiraman, BIG menargetkan kampus ini bisa meraih peringkat gold dari LEED.

Kampus Sunnyvale dirancang lebih dari sekadar tempat bekerja, melainkan juga sebagai pusat komunitas dari lingkungannya. “Perumahan di sekitarnya menjadi bagian dari proses perancangan Moffet Park,” kata Mark Golan, Chief Operating Officer of Google’s Global Real Estate Investments & Development Unit, kepada the Mercury News.

Dengan konsep tersebut, imbuh Golan, jarak hunian dan tempat bekerja jadi cukup dekat, dan pencapaiannya tidak perlu berkendara, sehingga lingkungan sekitar akan hidup dan tidak menambah beban lalu lintas.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me