Rumah Ini Didesain Khusus untuk Lansia Lho, Wah Kayak Apa Ya?

Big Banner
Rumah yang Didesain oleh Tsao & McKown Architects (Rumah123/Curbed)

Buat kamu yang masih tinggal bersama orang tua atau mungkin orang tua tinggal bersama kamu, dan rumah mau berlantai dua, pasti pernah mendengar keluhan orang tua.

Biasanya mereka mengeluh saat harus turun naik tangga. Apalagi kalau kamar orang tua berada di lantai dua. Mungkin karena semua kamar tidur berada di lantai dua.

Baca juga: Mau Desain Rumah Punya Beragam Fungsi? Nah, Coba Lihat Rumah Ini

Usia yang tidak lagi muda membuat tubuh orang tua sudah pasti tidak seperti dulu lagi, apalagi kaki sudah tidak sekuat dulu. Turun naik tangga tentu melelahkan bagi orang tua.

Desain rumah yang baik tentunya diperlukan untuk memenuhi kebutuhan orang tua. Biro arsitek Tsao & McKown Architects merancang sebuah rumah yang bisa memenuhi hal ini. Biro ini berkantor pusat di New York, Amerika Serikat.

Baca juga: Milenial Sampe Lansia Ga Takut Beli Rumah Berhantu

Biro arsitek ini mendesain sebuah rumah di kawasan Pound Ridge yang berada di pinggiran kota New York. Rumah ini memiliki luas 269 meter persegi.

Rumah berdesain ala Jepang ini memang didesain untuk orang tua. Rumah ini hanya satu lantai dan tidak memiliki bagian yang membuat penghuni naik turun.

Baca juga: Desain Apartemen Lebih Terbuka untuk Pasangan Lansia, Kayak Apa Ya?

Bagian pintu pun dirancang untuk digeser sehingga memudahkan bagi penghuni lanjut usia (lansia) untuk membuka dan menutup. Wah, sampai seperti ini sudah dipikirkan oleh arsitek ya?

Tsao & McKown Architects mendesain rumah terbuka ala Jepang. Biro arsitek menggunakan material kayu pada bagian struktur, dinding, dan lantai. Sementara sisanya memakai material kaca.

Baca juga: Ini Kamar Anak Lho, Bukan Kamar Orang Tua

“Kami mendesain rumah di kawasan pinggiran ini untuk pasangan lansia. Kami mengerjakan setiap detil proyek termasuk arsitektur, interior, custom furniture, dan lanskap,” ujar Tsao & McKown Architects seperti dikutip oleh laman properti Curbed.

Pasangan lansia yang akan menempati rumah ini merupakan klien lama Tsao & McKown Architects sejak 20 tahun lalu. Mereka menginginkan rumah baru yang lebih nyaman.

Baca juga: Menyelaraskan Desain Interior Keinginan Orang tua dengan Anak? Bisa Aja Kok

Curbed juga melansir kalau pada 2035 mendatang, jumlah lansia Amerika akan meningkat dan bakal mengubah pasar properti di AS. Ada yang ingin tinggal di panti jompo, ada juga yang ingin tinggal di rumah baru di kawasan pinggiran yang lebih tenang.

Hmm, gimana nih, kayaknya kamu perlu deh mendesain ulang rumah yang ditempati orang tua kamu. Tentunya supaya mereka tinggal lebih nyaman.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me