Pake OK Otrip Bisa Kurangi 30% Biaya Transportasimu di Jakarta

Big Banner

Bus Transjakarta Premium saat melintas di Jalan Asia Afrika, Jakarta. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

 

Kamu termasuk yang wara-wiri setiap hari di Jakarta? Nah, dalam rangka melebarkan margin antara pendapatan yang kamu gunakan dengan yang bisa kamu simpan, kamu bisa manfaatkan program one karcis one trip atau OK Otrip dari Pemerintah Kota (Pemkot) DKI Jakarta. Murah dan praktis lho!

 

Dengan menggunakan kartu OK Otrip, kamu sebagai penumpang hanya kena tarif Rp5.000 untuk sekali jalan ke tempat tujuan dengan menggunakan beberapa moda transportasi massal, yakni commuterline, bus Transjakarta, dan angkutan umum (angkot).

 

“Misalkan dari rumah naik angkot tap kartu kena potong Rp4.000 sesuai tarif angkot itu. Saat dia naik kendaraan berikutnya ke Kopaja, tap lagi, tetapi dia hanya kena Rp1.000. Terus kalau dia naik lagi Transjakarta, dia tap kena Rp0,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Andri Yansyah, seperti dikutip Kompas.com, Senin (15/1/2018).

 

Baca juga: Transjabodetabek Premium, Transportasi Alternatif untuk Mobilitas Bogor-Jakarta

 

Nah, saat kamu balik dari sebuah perjalanan, kalau kamu langsung pake bus Transjakarta, saldo kartu OK Otrip langsung kepotong Rp3.500 sekali tap. Jika kamu lanjut naik angkot, kartu yang kamu tap akan memotong saldonya sebesar Rp1.500 saja. Jadi, kamu hanya mengeluarkan  Rp5.000 setiap melakukan sebuah perjalanan.

 

“Tetapi, kami hanya kasih kurun waktu 3 jam saja. Dari berangkat sampai ke tempat tujuan itu, 3 jam,” kata Andri lagi. Jadi, penyesuaian tarif Rp5.000 itu hanya berlaku 3 jam sejak kamu melakukan tap awal.

 

Gimana cara bisa mendapatkan kartu OK Otrip? Untuk saat ini, kamu bisa mendapatkannya di beberapa halte Transjakarta, yakni halte: Grogol, Enggano, Lebak Bulus, Penas Kalimalang, Harmoni, Kalideres, Kampung Melayu, Tanjung Priok, Matraman, dan Dukuh Atas 2.

 

Baca juga: LRT City, Hunian Terpadu Terakses Transportasi Massal yang Ngirit 70% Waktumu

 

Kartu OK-Otrip dijual Rp40.000 dengan saldo awal Rp20.000. Saat masa uji coba pada 15 Januari 2018 hingga 15 April 2018, pelanggan hanya membayar Rp3.500 untuk satu tujuan perjalanan dari titik awal sampai ke titik tujuan. Setelah uji-coba, tarif akan disesuaikan menjadi Rp5.000.

 

Guna menyukseskan program OK Otrip, Pemprov DKI Jakarta menganggarkan Public Service Obligation (PSO) sebesar Rp3,25 triliun selama 2018. PSO itu disalurkan lewat PT Transportasi Jakarta.

 

Pemprov DKI telah menggelar soft launching program OK Otrip di pendopo Balai Kota DKI Jakarta pada 14 Desember 2017. Setelah soft launching, akan dilaksanakan uji-coba selama 3 bulan sejak 15 Januari 2018 hingga 15 April 2018.

 

Baca juga: Milenial Mau Beli Rumah? Jangan Lupa Harus Dekat Sarana Transportasi Ya

 

Uji-coba akan dilakukan di 4 trayek yang akan diintegrasikan, yakni di kawasan Jelambar (Jakarta Barat), Duren Sawit (Jakarta Timur), Warakas (Jakarta Utara), dan Lebak Bulus (Jakarta Selatan).

 

Adapun uji-coba program OK Otrip dilaksanakan mulai hari ini, Senin (15/1/2018) pada pukul 15.00 WIB di rute Duren Sawit-Kampung Melayu.

 

“Betul, (uji coba) start pukul 15.00 di satu rute, Duren Sawit-Kampung Melayu,” kata Kepala Humas Transjakarta, Wibowo, seperti dikutip Kompas.com, Senin (15/1/2018).

 

Baca juga: Integrasi Transportasi Massal Jabodetabek Mutlak Dilakukan

 

Sebelumnya mengatakan, uji coba program OK Otrip yang akan dilakukan selama tiga bulan, mulai 15 Januari hingga 15 April 2018, melibatkan juga angkutan bus kecil di empat trayek.

 

“Uji coba OK Otrip dilakukan PT Transjakarta dengan 69 angkutan bus kecil di empat trayek, yakni Jelambar (Jakarta Barat), Warakas (Jakarta Utara), Duren Sawit (Jakarta Timur), dan Lebak Bulus (Jakarta Selatan),” kata Direktur Utama PT Transjakarta, Budi Kaliwono.

 

Program OK Otrip yang berlaku di 13 koridor Transjakarta ini diklaim akan mengurangi biaya transportasi hingga 30 persen total pengeluaran masyarakat. Selain itu, lanjut Budi, OK Otrip bisa memindahkan pengguna kendaraan pribadi ke transportasi umum.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me