Mainan Ini Bikin Anak Pengen Merancang Robot, Yuk Beli!

Big Banner
Lego Boost (Rumah123/Dezeen)

Siapa sih yang nggak kenal mainan Lego? Mainan ini sudah ada sejak lama. Jangankan kids jaman now, orang tua atau om tante kamu pasti pernah memainkannya.

Yang pastinya sih beda. Kalau Lego jaman old masih berukuran cukup besar dan berbentuk kotak. Sementara Lego jaman now sudah banyak yang berbentuk karakter dan berukuran kecil.

Baca juga: Yuk, Siapa Mau Ikut Bermain ke Lego House?

Lego juga bekerja sama dengan sejumlah korporasi untuk membuat Lego karakter. Salah satunya Star Wars. Pernah lihat kan?

Lego juga membuat varian baru. Produsen asal Denmark ini merilis Lego Boost yang bertujuan agar anak-anak tertarik untuk belajar merakit dan membuat program robot.

Baca juga: Hmm, Seperti Apa ya Museum Tubuh Manusia? Penasaran Kan?

Mainan ini didesain untuk anak berusia tujuh tahun atau lebih. Mereka bisa menyusun mainan ini sesuai instruksi.

“Kami memahami kalau setiap anak bermimpi membawa kreasi Lego mereka dalam kehidupan. Dan tim kreatif kami berambisi kalau Lego Boost bisa mewujudkan impian itu. Saat anak membangun kreasi Lego, kami memberikan kode sederhana untuk membuat model mereka memiliki kepribadian sendiri,” ujar Design Lead Lego Group, Simon Kent kepada situs arsitektur dan desain Dezeen.

Baca juga: Jembatan Cetakan 3 Dimensi Ini Bisa Menahan Beban 40 Truk, Masa Sih?

Ada bagian yang bernama Move Hub yang memiliki sensor. Bagian ini menjadi dasar perakitan robot dan dapat disatukan dengan motor penggerak dan sensor.

Ada lima varian model yang dapat dibuat yaitu Vernie the Robot, Frankie the Cat, Guitar 4000, Multi-Tool Rover 4 (M.T.R.4), dan Autobuilder. Ada aplikasi gratis yang disediakan untuk instruksi pemasangan dan kode program yang dibutuhkan untuk setiap varian.

Baca juga: Home Speaker Jaman Now yang Keren Abis, Kamu Mau Pajang di Rumah Ga?

Aplikasi Lego Boost ini juga memiliki instruksi untuk gerakan tambahan saat membangun model lain yang diinginkan. Tiga gerakan dasar tersedia untuk hal ini yaitu gerakan berjalan saat membangun varian hewan, dasar pengendalian menyetir saat membangun kendaraan, dan aplikasi dasar pintu masuk untuk membangun kastil, benteng, atau stasiun ruang angkasa.

“Kami ingin anak-anak menjadi yang pertama dan paling memiliki kesenangan dan pengalaman bermain tidak terhingga, setelah mempunyai kesempatan belajar program robot,” kata Kent lagi.

Baca juga: Kamu Mau Pelihara Robot di Rumah Ga? Kekinian Banget Lho

Lego memperkenalkan Lego Boost pada Consumer Electronic Show (CES) di Las Vegas, Amerika Serikat pada Januari 2017 lalu. Produk ini sudah dipasarkan sejak pertengahan 2017. Harganya berkisar 159,99 dollar AS (Rp2 juta).

Wah, ini nih mainan edukatif buat kids jaman now. Kalau dulu hanya sekedar menyusun balok-balok Lego, sekarang merancang dan membuat program robot. Kamu mesti beli buat anak kamu dan keponakan. Buruan beli!

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me