Peluang Bisnis Properti di Kawasan Ekonomi Khusus (3)

Big Banner

Selain Tanjung Lesung, PT Jababeka Tbk., juga menggarap KEK Morotai melalui anak usahanya PT Morotai Jababeka. KEK Morotai ditetapkan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2014. Terletak di Kabupaten Morotai, Provinsi Maluku Utara, dengan luas lahan tahap awal 1.101,76 hektar.

Dari pengembangan Morotai ini, diharapkan kawasan ini kelak bisa berperan sebagai hub bagi kawasan timur Indonesia. Sehingga barang-barang yang masuk ke kawasan Timur yang berasal dari Taiwan, Tiongkok maupun Filipina bisa ditempatkan di Morotai tanpa harus dibawa terlebih dahulu ke Pulau Jawa.

“Karena letaknya, Morotai ini bisa jadi semacam Singapura. Singapura kan jadi hub di Asia Tenggara sebelum ke Indonesia. Ini yang kita ingin tiru untuk Morotai ini suatu hari jadi Singapura-nya Indonesia,” ujar Suteja Darmono, Direktur PT Jababeka Tbk..

KEK Moratai akan dikembangkan dengan investasi ditaksir mencapai Rp6,8 triliun. Saat ini, KIJA terus melakukan melakukan pembebasan lahan di kawasan ini dan aktif menjaring investor untuk ikut mengembangkan kawasan tersebut. Budianto Liman, Direktur Utama KIJA mengatakan, persiapan pengembangan KEK Morotai sudah mencapai sek itar 50%-60%. Ini termasuk pembebasan lahan dan perizinan.

Kendati begitu, peluncuran kawasan ini diperkiran belum akan dilakukan dalam waktu dekat lantaran infrastrukturnya belum memadai serta belum ada investor yang berhasil diajak masuk kesana. “Ini dikembangkan tunggu infrastrukturnya siap dulu. Sebab untuk membangun satu kawasan itu harus ada dulu infrastruktur pendukungnya seperti listrik, air, dan akses,” kata Budianto. Saat ini, KIJA baru mengembangkan dan mengelola satu resort di Morotai yakni D’Aloha Resort yang terdiri dari 25 unit cottages.

Menurut Budi, potensi Morotai sangat besar karena merupakan salah satu dari 10 destinasi wisata yang telah ditetapkan pemerintah sebagai Bali baru. Walaupun prospeknya cerah namun menurutnya masih diperlukan dukungan dari pemerintah terutama dalam pengembangan infrastruktur disana.

Jababeka akan mengembangkan bisnis di kawasan Morotai itu secara bertahap. Tahap awal, Jababeka akan membangun 10.000 rumah dengan sasaran kelas menengah, dan hotel yang terdiri dari 10.000 kamar. Selanjutnya, perusahaan tersebut akan membangun tempat pariwisata, sekolah untuk mensuplai SDM di sana.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) turut mendukung pengembangan 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang disebut sebagai 10 “Bali Baru” guna mencapai target kunjungan 20 juta wisatawan asing pada 2019 ke Indonesia. Untuk meningkatkan akselerasi pengembangan destinasi wisata kelas dunia, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono akan fokus pada empat destinasi yakni Danau Toba, Borobudur, Mandalika dan Labuan Bajo.

Percepatan penyelesaian 4 destinasi itu juga didukung ketersediaan alokasi anggaran Kementerian PUPR tahun 2018. “Kami akan fokus dulu melakukan penataan pada 4 destinasi tersebut. Kita akan buat Master Plannya,” kata Basuki, Bank Dunia memberikan pinjaman senilai USD 300 juta yang digunakan untuk penyusunan Penyusunan Rencana Induk Pariwisata (Integrated Tourism
Master Plan/ITMP) senilai USD 6 juta dan pembangunan fisik dan pengembangan sumber daya manusia senilai USD 294 juta. Disamping infrastruktur, Kementerian PUPR akan membangun ruang-ruang publik (termasuk rest area, parkir, pedestrian, dan penataan kawasan) untuk mendukung kegiatan produktif sektor pariwisata, seperti cafe, restoran, penginapan, ataupun lokasi penjualan cinderamata pada masing-masing destinasi wisata sesuai dengan tata ruang. Untuk pembangunan infrastruktur berupa jalan akses menuju lokasi wisata, jalan di lokasi wisata, air baku, sanitasi, drainase dan persampahan. Mpi/YS

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me