Gak Cuma Mezzanine BEI, Ada Bangunan Lain juga Pernah Roboh

Big Banner
Rana Plaza di Bangladesh yang Roboh pada April 2013 (Rumah123/New York Times)

Lantai mezzanine Bursa Efek Indonesia (BEI) 2 di Jakarta roboh pada Senin (15/1/2018). Insiden ini menyebabkan puluhan orang mengalami luka berat dan ringan.

Para korban dilarikan ke tiga rumah sakit berbeda. Sebagian korban merupakan mahasiswa dan mahasiswi sebuah perguruan tinggi di Sumatera Selatan yang tengah berkunjung ke BEI.

Baca juga: Wow, Rumah Ini Dirancang Anti Banjir dan Badai Lho

Kejadian ini tentu mengejutkan. Pihak berwenang masih menyelidiki penyebab robohnya bagian tersebut.

Robohnya bagian sebuah bangunan atau bangunan secara keseluruhan, bukanlah hal yang baru. Sepanjang tahun lalu ada beberapa kejadian robohnya bangunan.

Baca juga: Arsitek dan Pakar Konstruksi Investigasi Penyebab Kebakaran Grenfell Tower

Salah satu insiden yang menelan banyak korban jiwa adalah runtuhnya Plasco, bangunan setinggi 17 lantai di ibu kota Iran, Teheran pada 19 Januari 2017 lalu. Ada 21 orang meninggal dalam kejadian ini.

Plasco yang dibangun pada era 1960-an roboh setelah terjadi kebakaran. Bangunan ini pernah menjadi gedung tertinggi di Iran.

Baca juga: Pelapis Dinding Apartemen Bisa Jadi Penyebab Kebakaran?

Apartemen Weiguan Jinlong di Tainan City, Taiwan runtuh akibat gempa bumi pada 6 Febuari 2016 lalu. Sebanyak 115 orang meninggal terperangkap dalam reruntuhan, termasuk satu bayi yang meninggal beberapa jam kemudian.

Menara Dharahara di ibu kota Nepal, Kathmandu juga roboh akibat gempa bumi pada 25 April 2015. Sebanyak 60 orang ditemukan dalam reruntuhan menara yang dibangun pada abad ke-19 ini.

Baca juga: Berada di Kawasan Rawan Kebakaran, Eksterior Rumah Ini Dirancang Anti Api

Sebuah crane yang digunakan untuk memperluas Masjidil Haram di Mekkah, Arab Saudi jatuh pada 11 September 2015. Sebanyak 111 orang tewas dan 394 lainnya mengalami luka-luka.

Insiden paling menyedihkan terkait robohnya sebuah bangunan adalah Rana Plaza di ibu kota Bangladesh, Dhaka. Sebuah bangunan komersial lima lantai roboh pada 24 April 2013.

Baca juga: Ada Rumah Tahan Gempa dari China, Kayaknya Cocok Buat di Indonesia Nih

Sebanyak 1.134 orang meninggal dan 2.500 mengalami luka-luka. Upaya pencarian korban berlangsung hingga tiga pekan karena harus menyingkirkan reruntuhan.

Banyak hal yang menyebabkan sebuah bangunan roboh mulai dari struktur yang kurang kuat, konstruksi yang tidak bagus, manajemen bangunan, kebakaran, hingga serangan teroris.

Baca juga:  Bangunan Tua Ga Perlu Dirobohkan, Bikin Aja Jadi Perpustakaan

Nah, kalau kamu bekerja di bangunan tinggi dan atau tinggal di apartemen, kamu harus waspada dan melihat kondisi bangunan. Kalau ada retakan atau potensi kerusakan, kamu harus memberitahukan manajemen pengelola gedung.

rumah123.com