Bangun Rumah Tingkat Ga Pake Takut Roboh

Big Banner
Foto: Rumah123/Realestate.com.au

 

Banyak alasan kenapa orang ingin membangun rumah bertingkat. Luas lahan yang kian langka dengan harga selangit adalah salah satunya. Bisa juga karena adanya kebutuhan ruangan yang lebih luas untuk kamar tidur karena anak menginjak remaja, kebutuhan ruang untuk bekerja atau usaha, dan ruangan lainnya, yang membuat rumah bertingkat menjadi solusinya.

 

Baca juga: Mari, Nyantai di Balkon Rumah!

 

Alasan lain? Kadang rumah yang menjulang lebih tampak estetis ketimbang rumah satu lantai. Bayangkan rumah bertingkat yang gagah, arsitekturnya indah, tentu saja bangga memilikinya, bukan?

 

Di sisi lain, ada keraguan apakah rumah bertingkat lebih berpeluang roboh ketimbang rumah satu lantai? Eitsss! Tunggu dulu, rumah bertingkat pun bisa sama kokohnya dengan rumah satu lantai selama tahu cara membangunnya.

 

Baca juga: Yuk! Antisipasi Rumah Tahan Gempa

 

Pastikan struktur rumah bertingkat aman dan kuat untuk menopang seluruh fisik bangunan rumah. Struktur rumah bertingkat yang sangat penting terdiri atas fondasi, balok sloof, kolom, ring balok, plat lantai, tangga. Nah, masing-masing bagian tersebut harus kuat dengan cara dibuat dengan dimensi ukuran yang persis, serta penggunaan spesifikasi material yang bagus. Hal ini bisa kamu konsultasikan dengan ahlinya.

 

Selain itu, perhatikan pula kesatuan arsitektur rumah antara lantai yang satu dengan lantai di atasnya. Hal ini terutama pada tampak eksteriornya. Pastinya kamu ga mau kan jika wujud rumah bertingkatmu ga sedap dipandang?

 

Baca juga: Kenapa Sih Bangunan Bisa Runtuh? Yuk, Cari Tahu Penyebabnya

 

Solusinya, sebelum membangun rumah bertingkat buatlah gambarnya terlebih dahulu (bisa memanfaatkan jasa arsitek), lalu kamu pandang-pandang apakah kamu sudah puas dengan wujudnya. Jangan lupa untuk mengonsultasikannya dengan anggota keluarga atau calon penghuni yang lain. Sudahkah rumah bertingkat itu sesuai selera mereka?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me