Pemprov DKI Bangun Hunian DP Rp0, Ciyus nih! Mau Beli Gak?

Big Banner
Pekerja saat berjalan di area proyek pembangunan hunian DP Rp0 yang berupa Rusunami, di Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Acara groundbreaking dilaksanakan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pada Kamis (18/1/2018). Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

  

Sempat diragukan banyak pihak akan terwujud, hunian dengan down payment (DP) atau uang muka Rp0 program Gubernur DKI Anies Baswedan dan wakilnya Sandiaga Uno, akhirnya pada Kamis (18/1/2018) resmi groundbreaking (peletakan batu pertama).

 

“Ke depan, project ini diharapkan bisa selesai dalam waktu selambat-lambatnya satu setengah tahun dan saya mengingatkan kepada developer, PD Pembangunan Sarana Jaya, dan PT Totalindo Eka Persada sebagai kontraktor untuk menjaga kualitas bangunan yang sekarang sedang dalam konstruksi ini,” kata Anies Baswedan saat acara groundbreaking di Pondok Kelapa, kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis (18/1/2018).

 

Baca juga: Cari Rumah di Bojong Gede? Ini Ada DP Nol Persen! 

 

Untuk tahap awal, menurut Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya, Yoory C Pinontoan, akan dibangun satu tower dulu di lahan Klapa Village. Lahan ini merupakan kawasan pertama pelaksanaan program hunian DP Rp0. Total unit yang akan dibangun adalah 703 yang terdiri atas 513 unit hunian Tipe 36 dan 190 unit Tipe 21. Pembangunan satu tower ini paling lama 1,5 tahun.

 

Berapa harganya? Rp320 juta untuk Tipe 36 m2 dan Rp185 juta untuk Tipe 21 m2. “Kami percaya harga ini terjangkau untuk warga Jakarta,” kata Gubernur Anies.

 

Baca juga: Mau DP Nol Persen? Beli Unit Eureka Aja! 

 

Menurut Anies, skema pembayaran yang digunakan untuk program hunian DP Rp0 ini adalah bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

 

Ia menjelaskan, FLPP adalah pembiayaan perumahan dengan skema subsidi dari pemerintah, bekerja sama dengan bank nasional yang telah menyediakan fasilitas tersebut. Suku bunganya rendah yakni 5% dan berlaku flat selama masa cicilan sampai 20 tahun.

 

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, saat meninjau area proyek pembangunan Rusunami dengan DP Rp0 di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, (18/1/2018). Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

 

Apa aja sih syarat pembelinya? “Calon pembeli harus memenuhi beberapa kriteria, di antaranya warga DKI Jakarta, diutamakan yang sudah menikah, belum pernah memiliki rumah, dan belum pernah mendapat fasilitas kredit FLPP,” kata Anies lagi.

 

Program hunian DP Rp0 ini didukung pula oleh para pengembang yang tergabung dalam Realestat Indonesia (REI). Para pengembang REI ini baru saja menandatangani dukungan program hunian DP Rp0.

 

Baca juga: Kalau Kendaraan Bisa DP Nol Persen, Kenapa KPR Tidak? 

 

Menurut Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno, masyarakat bisa melihat langsung bagaimana kondisi hunian yang bisa didapatkan dengan skema DP Rp0 ini.

 

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus berkoordinasi dengan Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan perbankan untuk mengatur regulasinya. “Agar begitu skemanya diluncurkan dan mulai menerima permintaan dari masyarakat, kami sudah lengkap semua dari segi peraturan dan regulasinya,” ujar Sandiaga.

 

Baca juga: DP Rumah Nol Persen Mungkin Saja, Kalau… 

 

Adapun pengembang REI Jakarta yang menandatangani dukungan hunian DP Rp0 ini yaitu Adhi Persada Properti, Agung Podomoro Land, Alam Sutra Reality, Ahimsa Persada Nusantara, Ciputra Group, dan Eureka Group.

 

Juga Gapura Prima Group, HK Realitindo, Intiland Group, Jakarta Propertindo, Lippo Group, Metropolitan Land, MSH Group, PD Pembangunan Sarana Jaya, Perumnas, PT PP Properti, PP Urban, Relife Property, Riyadh Group Indonesia, Sinarmas Group, dan Waskita Karya Realty.

 

Gimana, kamu siap jadi pembelinya karena memenuhi kriteria? Sabaaar, pendaftaran calon pembeli baru akan dibuka April nanti saat Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) untuk program DP Rp0 terbentuk.

rumah123.com